Ingin Adopsi Anjing, ini 6 Tips Yang Harus Dipahami

Syahrul Ibrahim

Nusantarasatu.id – Sudah hampir dua tahun pandemi Covid-19 di Indonesia berlangsung, pasti masih ada dari kita yang bekerja dan belajar dari rumah. Tentu saja bosan rasanya hanya berada di rumah, tidak dapat bertemu teman-teman, rekan kerja, dan sanak saudara secara langsung. Untuk mengobati rasa bosan, mungkin Anda berpikir untuk Adopsi Anjing sebagai hewan peliharaan. Namun sebelum memeliharan hewan yang satu ini, ada baiknya simak tips berikut agar bisa membantu Anda sebelum betul-betul memutuskan Adopsi Anjing.

6 Tips Yang Harus Dipahami Sebelum Adopi Anjing

1. Persiapkan Mental

Ketika Anda memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan, seperti anjing, maka Andapun harus berkomitmen dalam merawat dan memeliharanya. Anda tidak bisa hanya ingin bermain dan bersenang-senang dengan anjing tersebut, namun menelantarkannya ketika merasa sudah merasa bosan. Disamping kewajiban memberi makan, Andapun harus siap mengajari anjing peliharaan tersebut untuk buang air kecil dan buang air besar di luar rumah, jika tidak ingin ruang di dalam rumah kalian dijadikan ‘toilet’ oleh anjing tersebut.

2. Tentukan Jenis Anjing Yang Ingin Dipelihara

Sangat penting menentukan jenis anjing yang hendak dipelihara, karena hal ini akan menentukan kesejahteraan hidup anjing Anda nantinya. Untuk memilih jenis anjing, Anda dapat menentukan dengan kondisi iklim serta ukuran tempat tinggal. Jika Anda bertempat tinggal di lingkungan dengan iklim dingin atau rumah kalian ber-AC serta memiliki halaman yang luas, Anda dapat memilih anjing berukuran besar serta berbulu tebal seperti siberian husky dan samoyed. Sedangkan, jika tinggal di apartemen yang tidak memiliki ukuran yang luas, maka Anda dapat memilih anjing berukuran kecil seperti chihuahua, pomeranian, dan pug.

3. Dari Mana Ingin Dapatkan Anjing Tersebut

Banyak cara mendapatkan anjing untuk dipelihara, Anda bisa membeli melalui peternak anjing dan pet shop atau mengadopsi dari animal shelter. Namun di masa sekarang ini, lebih dianjurkan untuk mengadopsi anjing dari animal shelter dibandingkan membeli dari breeder ataupun dari pet shop. Karena sudah terlalu banyak anjing yang ditelantarkan pemilik sebelumnya. Hitung-hitung, Anda membantu merawat anjing terlantar, kan?

4. Cek Fisik Anjing

Bagi Anda yang baru pertama kali memelihara anjing, disarankan untuk memilih anjing dengan kondisi tubuh yang sehat agar tidak memakan banyak biaya untuk pengobatan. Pilihlah anjing yang lincah, mata jernih tidak keruh, hidung basah namun tidak mengeluarkan lendir, bulu tidak banyak rontok serta gusi berwarna pink dan gigi bersih dari karang gigi.

5. Persiapkan Semua Kebutuhannya

Kebutuhan yang dimaksud yakni meliputi makan dan minum, kandang, tempat anjing untuk tidur, tali kekang, sisir, dan mainan anjing. Jangan lupa juga siapkan dana untuk pemeriksaan di dokter hewan untuk vaksin maupun biaya pengobatan jika anjing kesayanganmu terkena penyakit. Beberapa jenis anjing memerlukan perawatan khusus untuk bulunya, seperti anjing berbulu panjang dan keriting. Oleh karena itu, bawalah anjing peliharaan Anda ke salon khusus hewan untuk dimandikan serta mendapatkan perawatan khusus sehingga bulu anjing tetap indah serta terbebas dari kotoran dan debu.

6. Jadikan Rumah Aman Untuk Anjing

Anjing, terutama yang masih kecil, sangat suka menggigit barang. Perhatikan benda-benda yang berbahaya untuk anjing, seperti kabel listrik. Kabel yang digigit anjing akan berbahaya jika terkelupas karena anjing dapat tersengat aliran listrik. Amankan juga barang kimia serta bahan makanan yang berbahaya bagi anjing, seperti cokelat, aneka buah beri, aneka jenis bawang, alpukat, dan anggur.

Keenam tips tadi semoga dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan Adopsi Anjing dan mempunyai hewan kesayangan. Karena, anjing yang bahagia akan membuat tuannya berbahagia pula.

Leave a Comment