Menko Airlangga Minta Kadin Manfaatkan Momentum Presidensi G20

Mulyadi

Nusantarasatu.id – Ketika mengikuti acara Rapimnas Kadin Indonesia 2021, Menteri Kordinator bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, mendorong Kadin Indonesia untuk memanfaatkan momentum Presidensi G20 Indonesia dan menjadi pelopor peningkatan investasi. “ Kita berharap kegiatan ini bisa mendorong transformasi ekonomi, dan Kadin Indonesia jadi pelopor agar target peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi bisa tercapai. ” ucap Menko Airlangga dalam keterangannya yang diterima di Jakarta.

Sebagaimana diketahui, KADIN Indonesia merupakan organisasi tuan rumah Business20 (B20), dan diharapkan dapat mendukung kerjasama lintas batas serta mengupayakan langkah inovatif. Selain itu, KADIN Indonesia juga diharapkan mampu melanjutkan dan memperkuat perannya, termasuk dalam mensukseskan Presidensi G20 Indonesia tahun 2022. Dengan mengusung tema ‘Recover together, Recover stronger’, Indonesia mendorong pemulihan ekonomi global yang inklusif, kuat, dan berkelanjutan.

Antisipasi Omicron, Pemerintah Batasi Perjalanan 11 Negara

Menko Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menyatakan, bahwa dari segi kesehatan, untuk mengantisipasi kemunculan varian baru Covid-19, Omicron, pemerintah telah mengambil langkah yaitu dengan membatasi perjalanan 11 negara di Afrika.

Bukan itu saja sambungnya, kebijakan dalam negeri tentang jumlah karantina juga telah ditingkatkan. Selain itu, pemerintah juga mendorong vaksinasi yang ditargetkan pada kuartal pertama tahun 2022 untuk 208 juta sasaran telah selesai menerima vaksinasi secara lengkap. “ Per 2 Desember 2021, vaksinasi dosis 1 telah mencapai 67,65 persen atau 140,9 juta dosis, dan vaksinasi dosis ke-2 telah mencapai 46,73 persen atau 97,3 juta dosis. Mulai Januari tahun 2022, pemerintah juga akan terus mendorong vaksinasi dosis ketiga. ” tuturnya.

Pemerintah Berikan Fasilitas Tax Holiday Bagi Penanam Modal

Sementara itu dari sisi ekonomi, pemerintah mengedepankan kebijakan fiskal yang fleksibel, adaptif, dan responsif. Dimana telah diterapkan melalui penyesuaian dan realokasi program PEN tahun 2020, 2021, dan berlanjut di tahun 2022. Kemudian, pemerintah juga telah memberikan fasilitas bagi penanaman modal berupa tax holiday untuk memberikan kemudahan berusaha bagi industri pionir. Adapun realisasi investasi oleh para penerima fasilitas tax holiday, hingga tengah tahun ini telah mencapai angka Rp385,8 triliun dari jumlah rencana investasi sebesar Rp716,6 triliun.

Begitu pun dengan investasi, hingga kuartal ketiga tahun 2021, realisasinya telah mencapai angka Rp659 triliun atau meningkat sebesar 7,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020. “ Indonesia juga memiliki keseimbangan eksternal dan internal yang kuat. Cadangan devisa kita dan nilai ekspor Indonesia tertinggi dalam sejarah. Hal ini didukung surplus neraca perdagangan secara kumulatif yang mencatatkan kenaikan tertinggi selama 10 tahun terakhir. ” pungkasnya.

1 thought on “Menko Airlangga Minta Kadin Manfaatkan Momentum Presidensi G20”

Leave a Comment