Mensos Risma Perintahkan Balai Kemensos Dukung Atlet Disabilitas

Syahrizal Rahim

Nusantarasatu.id – Seluruh balai Kementerian Sosial (Kemensos), diperintahkan oleh Menteri Sosiasl RI Tri Rismaharini, agar siap mendukung atlet disabilitas, mulai dari mencari potensi hingga sarana dan prasarana. Disebutkan oleh mantan Walikota Surabaya tersebut, bahwa atlet disabilitas yang mengikuti paralimipade memerlukan kesinambungan dalam latihan mereka. ” Untuk itu, perlu dukungan sarana dan prasarana. Balai Kemensos akan ditata dan disiapkan untuk mendukung prestasi mereka, termasuk sampai ke kesiapan sarana dan prasarana apakah sudah ramah disabilitas. ” ucap Risma dalam keterangannya yang diterima di Jakarta.

Kemensos Dukung Pembinaan Atlet Penyandang Disabilitas

Ditegaskan oleh Risma, jika pihaknya memastikan Kemensos terus mendukung pembinaan para atlet penyandang disabilitas, juga berkomitmen mendukung prestasi para atlet dalam meraih prestasi internasional. Sehubungan dengan hal itu, iapun pun telah menginstruksikan kepada Unit Pelayanan Teknis (UPT) di lingkungan kementerian sosial, guna menyiapkan balai Kemensos untuk mengidentifikasi potensi atlet.

” Saya yakin banyak potensi atlet berbakat di seluruh Tanah air, mereka mampu bersaing di level nasional dan internasional. Nah balai Kemensos di seluruh Tanah Air ini sudah melakukan pantauan para atlet berbakat di daerah masing-masing, di mana potensi dan bakatnya dan apa bantuan yang bisa diberikan. ” tegas Risma.

Lebih jauh dipastikan olehnya, bila Kemensos akan bergerak cepat. Sebab pada tahun 2022 mendatang sambungnya, akan diselenggarakan Pekan Olah Raga Special Olimpiade Nasional di Semarang, yang akan diikuti oleh 2500 atlet disabilitas intelektual dari 27 propinsi. Dirinya turut menyambut baik ajang tersebut, karena makin menambah frekuensi ajang perlombaan untuk mengasah kemampuan dan talenta para atlet. Guna kebutuhan ini, Kemensos sudah menyiapkan dukungan kepada para atlet. Bukan hanya berkaitan dengan kesiapan balai saja, namun menyiapkan bantuan peralatan. ” Seperti tadi, ada kursi roda untuk para atlet itu kan mahal ya. Saya minta balai untuk menyiapkan peralatan tersebut. ” tuturnya.

Kemensos Dukung Peparnas Dengan Berikan Vaksinasi Covid-19

Sementara terkait Peparnas tahun 2021 terang Risma, Kemensos sudah memberikan kontribusi sejak awal, khususnya dalam memastikan perlindungan kepada para atlet penyandang disabilitas untuk menjalani vaksinasi. Dan hal ini menjadi bagian dari kebijakan Kemensos yang menempatkan vaksinasi bagi penyandang disabilitas sebagai prioritas.

Dimana hal tersebut selaras dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Percepatan Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX dan Pekan Paralimpiade Nasional XVI Tahun 2021 di Provinsi Papua. Dimana pihak Kemensos bertugas memberikan dukungan kepada para atlet. Sedangkan untuk percepatan vaksinasi, Kemensos juga telah melakukan sejumlah upaya, mulai dari pendataan hingga pendampingan. Vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas, menjadi prioritas karena mereka merupakan salah satu kelompok yang rentan terjangkit virus Covid-19.

Tinggalkan komentar