Berapa Lama Waktu Berolahraga Yang Dianggap Efektif?

Reza Arya

Nusantarasatu.id – Olahraga merupakan salah satu syarat yang harus Anda jalani guna mendapatkan kesehatan tubuh secara optimal. Berolahraga setiap hari, dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar dan mencegah dari serangan berbagai penyakit. Namun, sayangnya masih banyak orang yang malas untuk melakukannya. Padahal, olahraga dapat dilakukan di mana saja setiap hari dan hanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama.

Dengan melakukan olahraga setiap hari, Anda membantu tubuh untuk menciptakan keseimbangan antara energi yang didapat dengan energi yang dikeluarkan. Untuk itu, setiap orang disarankan untuk melakukan olahraga setiap hari. Tidak perlu yang susah, olahraga bisa Anda lakukan dengan berjalan, senam, jogging, bersepeda, dan lainnya. Di Indonesia sendiri, Anda direkomendasikan untuk melakukan olahraga selama 150 menit dalam seminggu atau 30 menit setiap hari atau minimal 3 – 5 hari dalam seminggu.

<img decoding=
Berolahraga

Jika Anda mempunyai berat badan normal, Anda cukup melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari. Jika Anda ingin mengontrol berat badan, Anda disarankan untuk melakukan olahraga selama 60 menit setiap hari. Sedangkan, apabila Anda ingin menurunkan berat badan, maka perlu melakukan olahraga yang lebih lagi, yaitu selama 90 menit setiap hari. Ingat, jangan lebih dari itu, karena terlalu lama melakukan olahraga juga tidak baik.

Olahraga yang dilakukan terlalu lama dapat memberikan efek stres pada tubuh dan bahkan dapat menyebabkan overtraining. Kondisi overtraining yaitu menyebabkan Anda mengalami kelelahan yang berkepanjangan, cedera otot dan sendi, kehilangan motivasi, mudah marah, membuat kualitas tidur menjadi buruk, berkurangnya nafsu makan, mengubah fungsi kekebalan tubuh dan hormon, serta dapat menurunkan kepadatan tulang. Untuk mencegah risiko overtraining, sebaiknya Anda tambahkan sesi olahraga kardio daripada olahraga untuk memperkuat bagian otot tertentu guna mencapai durasi olahraga 60 – 90 menit.

Melakukan olahraga selama 90 menit dirasa lama sekali dibandingkan jika Anda menghabiskan selama 90 menit di depan televisi, apalagi bila Anda tidak terbiasa berolahraga. Untuk mempermudah Anda, berikut ini adalah tips bagi Anda untuk melakukan olahraga.

  • Jika Anda tidak pernah olahraga sebelumnya, sebaiknya Anda memulai olahraga dengan durasi yang tidak terlalu lama. Hal ini membantu mulai membiasakan tubuh Anda untuk berolahraga. Anda bisa mulai olahraga dengan durasi 25 menit setiap hari selama 6 hari dan satu harinya bisa Anda gunakan untuk istirahat.
  • Jika dirasa sudah mulai terbiasa dengan durasi selama 25 menit, maka seterusnya bisa Anda tingkatkan lagi. Yang terpenting adalah Anda dapat mempertahankan rutinitas Anda untuk melakukan olahraga setiap hari.
  • Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga, kira-kira selama 5-10 menit untuk masing-masing.
  • Jenis olahraga dan seberapa berat olahraga yang Anda lakukan dapat mempengaruhi hasil olahraga Anda, jadi tidak selamanya tentang berapa lama Anda berolahraga. Bisa saja Anda melakukan olahraga dengan intensitas tinggi dan durasi yang lebih singkat. Namun, olahraga dengan intensitas tinggi lebih sulit untuk dipertahankan dan bahkan bisa membuat Anda cedera. Oleh karena itu, bagi Anda yang pemula sebaiknya mulai dengan melakukan olahraga intensitas sedang.
  • Ingat, sebaiknya-baiknya durasi olahraga yang Anda ambil adalah yang sesuai dengan kemampuan Anda, yang terpenting adalah Anda melakukannya dengan konsisten sehingga Anda mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga Anda. Anda juga bisa memilih jenis olahraga yang Anda sukai dan cocok dengan Anda, sehingga Anda nyaman saat melakukan olahraga.

Leave a Comment