6 Tips Pilih Buah Durian Bagus dan Manis, Agar Tidak Tertipu

Rizky Ramadhan

Nusantarasatu.id – Durian dikatakan sebagai buah paling eksotik, unik, sehingga mendapat julukan King of Fruit. walaupun tidak semua orang menyukai buah durian, namun faktanya, orang yang sudah cocok dengan rasa buah ini akan cenderung menjadi penggila durian. Berbagai jenis durian bisa Anda coba ketika sudah memasuki musimnya, sehingga Anda bisa mendapatkan durian dengan daging tebal dan rasa yang sesuai dengan selera. Namun sebetulnya, adakah cara memilih buah durian yang bagus dan manis? Untuk mengetahuinya, mari simak penjelasan berikut.

1. Cara Paling Mudah Yakni Membuka Di Tempat Membeli

Buah durian banyak dijajakan di pinggir jalan dan pasar modern. Jika ada kesempatan, jangan ragu untuk menanyakan apakah buah tersebut bisa dicoba ditempat. Itulah langkah pertama dalam cara memilih buah durian. Tips ini memang terdengar sedikit berlebihan, tapi setidaknya Anda bisa benar-benar memastikan kualitas durian tersebut. Biasanya penjual yang berani memberikan jaminan ini memang menjual buah dengan kualitas terbaik.

2. Cara Klasik, Dengan Mencium Aromanya

Tidak semua tempat bisa memberikan keleluasaan dan jaminan untuk membuka dahulu sebelum Anda membeli. Cara paling klasik untuk memilih durian yang bagus dan manis adalah dengan mencium aromanya. Durian yang sudah matang, akan menimbulkan aroma yang kuat dan harum (untuk penyuka durian). Sehingga mudah untuk mendeteksinya. Namun waspada karena tidak sedikit oknum penjual durian yang ‘nakal’ dan merekayasa hal tersebut.

3. Bentuknya Cenderung Bulat

Memang terdapat banyak jenis durian yang memiliki keunikannya masing-masing. Namun pada umumnya, durian yang bagus memiliki bentuk bulat. Durian dengan bentuk bulat biasanya memiliki daging berwarna kuning serta lebih matang dan cenderung lebih nikmat.

4. Batang Bergetah Merupakan Indikasi Durian Segar

Apabiula Anda memilih durian di antara setumpuk besar buah ini, pastikan pilih durian dengan batang yang masih bergetah. Hal ini menandakan, jika durian tersebut baru saja dipetik dari pohon dan lebih segar dibandingkan dengan durian yang memiliki batang kering. Memang tidak selalu duriang dengan batang bergetah berarti manis dan dagingnya tebal. Namun setidaknya, durian segar memiliki rasa yang cenderung lebih nikmat.

5. Pastikan Kulit Durian Masih Tertutup Sempurna

Ketika durian dibiarkan terlalu matang, ia akan jatuh dari pohon dan membuat kulitnya sedikit terbuka. Hal ini bisa berdampak buruk karena rasa manis yang ada akan perlahan menjadi hambar. Jadi ketika memilih, pastikan kulitnya masih tertutup rapat sebagai salah satu indikasi buah tersebut belum cacat dan rasanya tidak berubah.

6. Batang Buah Tebal Sebanding dengan Dagingnya

Melihat ketebalan daging durian juga bisa dicermati dari batang buah tersebut. Durian dengan batang buah yang besar menandakan daging buah yang tebal pula. Karena batang ini berfungsi untuk menyalurkan nutrisi ke dalam buah, maka akan semakin baik jika ukurannya besar.

Tinggalkan komentar