Cara Menaikkan Imun Tubuh Dengan 4 Olahraga di Rumah

Reza Arya

Nusantarasatu Olahraga – Untuk tingkatkan imunitas saat pandemi Covid-19, salah satunya yaitu dengan rutin berolahraga sesuai takaran. Di samping olahraga, setiap orang juga perlu menjaga asupan gizi seimbang, tidur yang cukup, dan mengendalikan stres. Setiap aspek tersebut penting untuk menunjang kesehatan, terlebih di masa merebaknya virus corona. Simak cara dan manfaat olahraga untuk menaikkan imun atau daya tahan tubuh, jenis olahraga di rumah yang tepat, sampai olahraga untuk pengidap Covid-19 berikut.

Manfaat Olahraga Bagi Daya Tahan Tubuh

Manfaat dari berolahraga, penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tak gampang sakit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tetap menyarankan setiap orang untuk rutin berolahraga, meskipun dilakukan di rumah. Pentingnya olahraga tersebut bukannya tanpa alasan. Sebagaimana dilansir dari Health, setiap orang memiliki sedikit sel kekebalan yang beredar di seluruh tubuh. Sel ini biasanya terkumpul di jaringan dan organ limfoid seperti limpa. Di organ tersebut, tubuh akan membasmi virus, bakteri, dan kuman biang penyakit lainnya.

Olahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, karena aktivitas kontraksi otot tersebut memacu aliran darah dan getah bening. Disamping itu, sirkulasi sel-sel kekebalan juga akan mengalami peningkatan, sehingga makin banyak sel kekebalan yang beredar ke seluruh bagian tubuh.

Tidak berhenti sampai disitu saja, dengan berolahraga, juga membantu merekrut sel kekebalan, seperti sel penyerang kuman dan sel T. Sel penting ini dapat dengan cepat menemukan patogen seperti virus, lalu jika sudah ketemu sel ini segera membasminya. Perlu diingat, respons kekebalan tubuh yang didapat dari manfaat berolahraga hanya bertahan saat kita rutin berolahraga.

Oleh karena itu, dengan semakin rutin berolahraga tentunya akan semakin baik. Adapun manfaat olahraga guna meningkatkan daya tahan tubuh lainnya yaitu untuk mengurangi peradangan. Berdasarkan studi yang dimuat di Journal of American Geriatrics Society (2004) mengungkapkan, orang yang rutin berolahraga tubuhnya cenderung lebih bugar dan lebih jarang mengalami peradangan. Ketika mengalami peradangan, tubuh seseorang cenderung lebih susah melawan infeksi.

Olahraga di rumah Guna Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Selama pandemi Covid-19 terjadi, ada kalanya mobilitas sehari-hari jadi lebih terbatas, termasuk untuk berolahraga. Supaya keinginan menjaga kebugaran tubuh tidak terganggu, Anda dianjurkan menjalani olahraga di rumah. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) menyampaikan, olahraga di rumah saat pandemi Covid-19 lebih diutamakan karena tetap bisa menjaga jarak aman dengan orang lain, serta tidak perlu menggunakan alat kebugaran bergantian (free touch activity). Berikut rekomendasi olahraga di rumah untuk tingkatkan imunitas saat pandemi covid-19 menurut PDSKO:

Cara Menaikkan Imun Tubuh Dengan 4 Olahraga

1. Jalan Cepat

Walaupun kesannya terlihat sederhana, namun jalan cepat termasuk olahraga aerobik yang efektif dalam menjaga kebugaran. Anda bisa jalan cepat mengelilingi bagian dalam atau luar rumah selama 10 hingga 15 menit, sebanyak dua sampai tiga kali per hari.

2. Naik Turun Tangga

Bila rumah Anda dilengkapi dengan tangga, gunakan tangga tersebut sebagai sarana untuk berolahraga sederhana. Caranya juga sangat mudah, Anda cukup naik dan turun tangga selama 10 sampai 15 menit, sebanyak dua sampai tiga kali per hari. Tidak ubahnya seperti jalan cepat, naik turun tangga juga termasuk salah satu jenis olahraga aerobik.

<img decoding=
Cara Menaikkan Imun Tubuh, Naik Turun Tangga

3. Senam atau Dance

Apabila jalan cepat atau naik turun tangga dirasa membosankan, Anda juga dapat mencoba senam atau dance dengan panduan Youtube. Ada beberapa instruktur zumba, yoga, pilates, atau modern dance yang membagikan panduan olahraga di rumah melalui konten Youtube. Anda tinggal mengetik kata kunci olahraga yang diinginkan, lalu ada beberapa opsi video yang bisa dipilih.

4. Latihan Kekuatan Otot

Beragam aplikasi yang ada di handphone atau komputer menyediakan tutorial latihan kekuatan otot. Anda dapat memilih opsi yang paling pas sesuai dengan kondisi tubuh Anda, misalnya squat, lunges, atau push-up. Untuk tingkatkan imunitas saat pandemi, Anda disarankan latihan fisik dengan intensitas sedang. Hindari latihan fisik dengan intensitas berat, karena justru dapat melemahkan daya tahan tubuh. Olahraga dengan intensitas sedang adalah saat latihan fisik, seseorang masih bisa bicara walaupun terengah-engah. Sedangkan olahraga intensitas tinggi ditandai dengan susah bicara ketika sedang menjalani latihan fisik.

Cara Menaikkan Imun Tubuh dengan Olahraga Bagi Penderita Covid-19 Penting

Orang yang sedang menjalani isolasi mandiri Covid-19 tanpa gejala atau masalah kesehatan tertentu, tetap dapat berolahraga dengan intensitas sedang sesuai petunjuk di atas. Namun penting untuk diingat, selalu pastikan perkembangan kondisi tubuh selama berolahraga. Jika didapati gejala demam, batuk, atau sesak napas, segera berhenti berolahraga dan konsultasi ke dokter.

Tinggalkan komentar