Pesona Eksotisme Sunrise Dan Sunset Di Dataran Tinggi Dieng

Mulyadi

Updated on:

Nusantarasatu.id – Nama Dataran Tinggi Dieng, tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, khususnya dikalangan traveler dan juga fotografer. Daerah yang lebih dikenal sebagai Dieng ini, terletak di antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Sejarah dibalik namanya ini berasal dari bahasa Sanskerta, yang “Di” berarti tempat yang tinggi atau gunung dan “Hyang” berarti dewa dewi. Jika kedua kata digabungkan, maka Dieng dapat diartikan sebagai tempat dewa atau dewi bersemayam.

Maka tidaklah heran, bahwa dataran tinggi ini kerap kali dikaitkan dengan sesuatu yang berbau spiritual. Hal ini tentunya tidak menutupi kenyataan, bahwa ia menjadi salah satu objek wisata dikarenakan memiliki keindahan alam serta kekayaan sejarahnya yang menakjubkan. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di sini yakni menyaksikan fenomena matahari terbit atau matahari tenggelam. Fenomena matahari terbit (sunrise) dan matahari tenggelam (sunset) adalah salah satu kegiatan yang tidak dapat dilewatkan bagi para pengunjung. Bahkan Dieng menjadi salah satu lokasi favoritnya para fotografer untuk mengabadikan momen tersebut.

Bukit Sikunir Menjadi Spot Terbaik

Salah satu tempat yang terbaik ketika di daerah Dieng untuk menikmati fenomena matahari terbit ataupun terbenam, adalah Bukit Sikunir. Lokasi yang letaknya berada di desa Sembung ini, bisa dinamakan Bukit Sikunir dikarenakan warna sinar matahari yang kekuningan, seperti kunir atau kunyit dalam bahasa Jawa.

Tak hanya itu, Golden Sunset atau yang dikenal dengan matahari tenggelam sempurna dapat juga dinikmati di Dataran Tinggi Jawa Tengah ini. Sangat disarankan untuk mengujunginya pada musim kemarau, atau tepatnya pada bulan Oktober untuk menyaksikan keindahan sunset, dikarenakan dapat melihat sunset dengan jelas tanpa ada halangan. Disaat bulan tersebut, banyak pecinta fotografi berkunjung ke sini hanya untuk meng-capture keindahan alamnya serta momen matahari terbit dan tenggelam.

Untuk Anda yang ingin menyaksikan fenomena alam yang menakjubkan di daerah Dataran Tinggi Dieng, sangat disarankan untuk menginap di penginapan terdekat. Hal itu dikarenakan, untuk mendapatkan momen yang sangat baik dalam menyaksikan sunrise, kerap kali di pagi buta dan ketika sunset mendekati maghrib tiba
.
Dengan ketinggian yang menembus awan dan hamparan kabut mengelilingi daerah bukit tersebut, tentunya menambah keindahan dari fenomena sunrise ataupun sunset di tempat ini. Bahkan, bukan hanya traveler dan fotografer lokal saja yang senang bisa memotret keindahannya. Traveler dan juga fotografer dari luar negeripun sangat sering datang ke Dieng untuk mendapatkan foto momen – momen terbaik di Dieng tersebut.

Tinggalkan komentar