Tiga Tips Diet Alami Untuk Turunkan Berat Badan Anda

Reza Arya

Nusantarasatu.id – Terdapat sejumlah cara untuk menurunkan berat badan, dan salah satunya adalah dengan cara diet alami. Bukan hanya menyehatkan tubuh, namun cara diet alami untuk menurunkan berat badan juga minim risiko serta dapat membantu Anda untuk mencapai berat badan ideal.

Berbeda dengan diet ketat yang mengharuskan Anda menahan rasa lapar, diet alami tetap memperbolehkan Anda mengkonsumsi makanan untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Hanya saja, makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral, protein dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berbagai Cara Diet Alami Sehat

Untuk menurunkan dan mencapai berat badan yang diinginkan, ada beberapa cara diet alami yang dapat Anda coba lakukan, yakni:

1. Penuhi Kebutuhan Kalori Harian

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan, misalnya:

  • Wanita usia 19–30 tahun yang tidak aktif bergerak membutuhkan setidaknya 2.000 kalori per hari
  • Wanita yang cukup aktif bergerak membutuhkan sekitar 2.000–2.200 kalori setiap harinya
  • Pria usia 19–30 tahun yang tidak aktif bergerak membutuhkan sekitar 2.600 kalori per hari
  • Pria yang cukup aktif bergerak membutuhkan kalori sekitar 2.600–2.800 kalori setiap hari

Kebutuhan kalori harian bisa saja bertambah atau berkurang, kesemuanya tergantung aktivitas fisik yang Anda lakukan sehari-hari. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak melebihi kebutuhan kalori harian Anda bila ingin menurunkan berat badan secara alami.

Bila Anda mengkonsumsi kalori melebihi dari kebutuhan kalori per hari, kalori tersebut akan disimpan tubuh sebagai lemak. Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh dengan mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung nutrisi berikut ini:

  • Protein tinggi
  • Vitamin dan mineral
  • Karbohidrat kompleks
  • Lemak sehat

Hindari sumber kalori yang kurang sehat, seperti makanan manis yang mengandung gula tinggi.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selain menjaga asupan kalori harian tubuh, Anda juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, sebab organ tubuh membutuhkan cairan agar dapat menjalani fungsinya dengan baik, seperti:

  • Menjaga suhu tubuh
  • Memelihara keseimbangan cairan dan elektrolit
  • Melembapkan kulit
  • Mencegah dehidrasi
  • Menjaga kesehatan ginjal

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi banyak air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk minum segelas air putih setengah jam sebelum Anda makan.

Efek kenyang yang dirasakan setelah minum air putih dapat mencegah Anda makan secara berlebihan, sehingga dapat membantu proses penurunan berat badan. Anda juga disarankan untuk mengurangi konsumsi minuman dengan kandungan gula tinggi dan menggantinya dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari.

3. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah-buahan

Saat menjalani diet alami, Anda tetap harus memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. Nah, asupan vitamin dan mineral ini dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi sayur dan buah. Tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, sayur dan buah juga mengandung serat dan air. Kandungan inilah yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sayur dan buah juga mengandung kalori yang rendah.

Dengan disiplin dalam menerapkan cara diet alami di atas dan diimbangi dengan olahraga yang teratur berat badan yang Anda inginkan bisa diperoleh dalam waktu relatif singkat.

Jika Anda masih sulit mendapatkan berat badan ideal setelah mencoba menerapkan cara diet alami di atas, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui jenis diet yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Tinggalkan komentar