Cegah Kasus Naik, Masyarakat Diminta Disiplin Prokes

Reza Arya

Updated on:

Nusantarasatu Kesehatan – Diharapkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, warga masyarakat kembali menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin. Dimana tujuannya, guna mencegah kembali naiknya kasus Covid-19 di Indonesia. ” Tentunya kita tidak ingin tertular dan menularkan COVID-19 kepada orang-orang terdekat kita. Mungkin kita sempat terlena dengan rendahnya kasus selama enam bulan terakhir, dan mulai merasa bahwa ancaman COVID-19 sudah hilang sepenuhnya. ” ucap Juru Bicara Nasional Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang diikuti secara virtual di Jakarta.

Merujuk pada data Satgas Penanganan Covid-19 per 27 Januari 2022, kasus harian nasional Covid-19 bertambah sebanyak 9.077 kasus. Sehingga total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sejak bulan Maret 2020 telah mencapai angka 4.309.270 orang. ” Dengan kembali naiknya kasus secara perlahan ini seyogyanya dapat menjadi motivasi kita untuk kembali disiplin protokol kesehatan (prokes). ” tutur Wiku.

Kemudian iapun menambahkan, penerapan disiplin protokol kesehatan yang sudah menjadi bagian dari adaptasi kebiasaan baru selama dua tahun terakhir ini. Dan secara ilmiah terbukti, dapat memberikan beragam manfaat. Ia menerangkan, dengan memakai masker, mampu menurunkan risiko penularan hingga 79 persen dan menurunkan risiko terinfeksi, menurunkan kasus harian, serta menekan kurva penularan. Disamping itu lanjutnya, juga menurunkan angka perawatan di rumah sakit, dan menurunkan angka kematian sebanyak 65 persen, dan terbukti efektif digunakan dalam kondisi populasi bergejala maupun tidak bergejala.

Disiplin Prokes Dengan Mencuci Tangan Jadi Hal Penting Hadapi Covid-19

Lebih lanjut Wiku Adisasmito juga menyampaikan, bila mencuci tangan juga menjadi hal penting dalam menghadapi Covid-19. Walaupun cara penularan utama Covid-19 lewat saluran pernapasan, penelitian menyebutkan, bahwa virus yang ada pada area wajah terutama di sekitar hidung dapat terhisap dan menginfeksi. ” Salah satu manfaat cuci tangan adalah mencegah menempelnya virus ke area di sekitar wajah sehingga menurunkan risiko tertular. Secara umum mencuci tangan merupakan bagian yang harus dilakukan selayaknya secara rutin dilakukan sebelum pandemi Covid-19. ” imbuihnya.

Disamping itu dengan menjaga jarak urainya, merupakan cara paling efektif dalam mencegah penularan, bahkan dapat mencegah penularan hingga di atas 90 persen. ” Disiplin prokes terbukti merupakan langkah yang paling mudah, murah, dan efektif dalam mencegah penularan. ” pungkasnya.

2 thoughts on “Cegah Kasus Naik, Masyarakat Diminta Disiplin Prokes”

Leave a Comment