5 Tips Edit Foto Yang Natural Dengan Handphone

Syahrul Ibrahim

Edit Foto Handphone

Nusantarasatu.id Edit Foto Handphone – Perkembangan teknologi di era digital seperti saat ini, sedikit banyak telah mengubah fungsi gadget. Ponsel pintar bukan hanya digunakan untuk kebutuhan berkomunikasi semata, namun juga sebagai sarana aktualisasi diri. Sedangkan maraknya situs jejaring sosial, justru dijadikan sebagai wadah yang digunakan untuk menuangkan segala ekspresi yang mereka punya.

Apabila Anda termasuk orang yang rutin update foto di situs jejaring sosial, melakukan edit foto tentu sudah menjadi kebutuhan yang sulit dihindari. Tentu saja, foto perlu dipoles sebaik-baiknya agar nantinya lebih enak dipandang. Sayangnya, tidak jarang dijumpai, foto di edit secara berlebihan. Hasilnya, foto tersebut jadi terlihat aneh dan tidak enak dipandang. Agar foto Anda terlihat bagus dan natural, berikut ini ada beberaa tips yang bisa dijadikan rujukan saat mengedit foto melalui handphone.

1. Kenali Foto Yang Hendak Diedit

Semua foto memang bisa diedit, tapi, sejatinya tidak semu foto akan jadi lebih bagus setelah di edit. Ada beberapa foto yang akan jadi percuma saat diedit, seperti foto yang pengambilannya jelek, terlalu terang atau kurang fokus. Jadi, pilihlah foto-foto yang memang memenuhi syarat dan memang layak untuk di edit.

2. Atur Komposisi Foto Agar Terlihat Menarik

Jika sudah menemukan foto mana yang layak edit, langkah selanjutnya adalah mengatur komposisi foto. Aturan komposisi ini merupakan pondasi keindahan dari foto Anda. Karena keseimbangan elemen dalam foto akan membuat foto tampak lebih enak dilihat. Ada banyak teori komposisi yang bisa Anda gunakan untuk meletakan obyek secara tepat agar lebih enak dilihat. Salah satunya adalah komposisi rule of thirds.

Pada rules of thirds, bidang foto dibagi menjadi tiga bagian sama besar baik secara vertical maupun horizontal sehingga Anda memiliki 9 area yang sama besar. Dengan demikian, Anda memiliki pertemuan empat titik. Kalau Anda menempatkan ‘point of interest’ alias bagian paling menarik dari sebuah foto di salah satu titik tersebut, maka secara keseluruhan foto akan menjadi lebih balance dan enak dilihat, dibandingkan pada pusat titik tengah foto. Anda bisa mengatur komposisinya dengan memotong gambar (crop) agar bagian paling menarik dari foto terletak pada salah satu dari 4 titik pertemuan tersebut.

3. Aturlah Pencahayaan, Warna Dan Kontras Foto

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah aturlah gelap-terangnya foto dengan menggunakan brightness tool. Setelahnya, cobalah untuk menggunakan saturation tool untuk mengatur rona warna. Anda bisa membuat warna-warna dalam foto yang di edit menjadi ‘pucat’ (mengarahkehitam-putih) atau justru membuatnya jadi lebih cerah.

Menurunkan saturation jadi salah satu formula yang ampuh untuk mempercantik semua jenis foto. Sementara itu, naikkan contrast tool agar bagian gelap dan terang dalam foto terlihat jelas dan dramatis. Tiga langkah editing ini memang basic sekali, tapi sangat berpengaruh terhadap look darifoto Anda.

4. Gunakan Filter Efek

Beragam Filter yang tersedia di fitur HP maupun di dalam media social, tujuannya adalah untuk membuat foto menjadi one-toned alias punya warna yang selaras. Selayaknya mengedit dengan tools, memilih filter juga harus menggunakan feeling yang tepat. Biasanya ada beberapa pilihan filter yang disediakan sebuah gawai. Jadi tinggal Anda pilih dan sesuaikan dengan nuansa foto yang sedang diedit. Jangan terlalu banyak

menggunakan filter karena hasilnya justru akan membuat foto terlihat tidak natural atau palsu. Pakailah sesuai kebutuhan karena foto yang menarik adalah foto yang member kesan sederhana tanpa banyak polesan.

5. Untuk Edit Foto Selfie, Gunakan Fitur Beautify Dari Ponsel

Zaman sekarang, semakin banyak orang yang hobi selfie untuk mengabadikan setiap momen menarik maupun untuk sekadar having fun. Buat Anda yang senag selfie, tidak perlu bingung dan khawatir lagi dengan hasil foto selfie yang tidak sesuai keinginan. Fitur beautify dilengkapi dengan algoritma yang membuat efeknya jadi lebih detil dan alami. Namun jika di ponsel Anda tidak memiliki fitur beautify, Anda bisa menggunakan aplikasi foto yang banyak tersebar di playstore.

Satu pemikiran pada “5 Tips Edit Foto Yang Natural Dengan Handphone”

Tinggalkan komentar