5 Trik Pintar Belajar Foto Candid

Syahrul Ibrahim

Nusntarasatu.id – Bagi sebagian orang, memotret obyek secara candid merupakan kegiatan yang menyenangkan. Foto yang dihasilkan terlihat lebih natural dan ada kepuasan tersendiri ketika berhasil mendapatkan momentum atau ekspresi orang secara pas dan menarik. Dalam fotografi, dikenal istilah candid camera, ini berarti bahwa subjek yang dipotret tidak dalam kondisi berpose atau ‘sadar’ kamera. Mungkin Anda sudah kerap melakukan foto candid, baik dengan menggunakan kamera ponsel maupun kamera DSLR . Lantas bagaimana bagi yang belum terbiasa ? Berikut ini trik jitu belajar memotret obyek secara candid:

5 Trik Pintar Belajar Memotret Foto Candid

1. Bawalah Kamera Saat Berpergian.

Momen menarik bisa hadir di depan mata kapan dan dimana saja, oleh sebab itu bawalah kamera ketika Anda tengah bepergian. Perhatikan kondisi sekitar Anda, karena hal – hal sederhana terkadang bisa menjadi objek menarik untuk difoto. Misalnya, pemilik toko yang tengah melamun karena menanti pembeli, orang sedang menunggu kereta api di stasiun, sepasang lansia yang tengah jaln berduaan, sepasang sejoli yang sedang berpacaran serta lain sebagainya.

2. Sigaplah Untuk Membidik

Memang tidak mudah mendapatkan momen dan kesempatan mengambil gambar secara candid. Oleh karenanya, ketika ada momen bagus janganlah Anda ragu untuk langsung memotret. Jangan terlalu memusingkan teknik-teknik yang rumit. Berfokuslah pada teknik yang sederhana, dan gunakan fitur otomatis kamera karena akan memudahkan Anda. Berbagai masalah teknis, seperti gambar terlalu terang atau gelap dapat disiasati dengan editing komputer.

Tinggalkan komentar