Sandiaga Uno Ajak Pemain Game Lokal Pimpin Pasar Indonesia

Nur Afni

Nusantarasatu.id – Para pemain game atau yang biasa disebut gamers, diajak oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno, untuk membantu Game Lokal Indonesia agar dapat memimpin di negeri sendiri. Ajakan tersebut diucapkan Sandiaga berkaca dari masih didominasinya pasar gim Indonesia oleh gim- gim dari luar negeri, terutama dari Eropa dan Amerika Serikat. “ Pasar gim di Indonesia itu diperkirakan nilainya sebesar 1,1 miliar dolar AS, namun sekitar 91 persen permainannya didominasi oleh gim dari Eropa dan Amerika Serikat. ” tuturnya dalam acara virtual ‘Transaksi Digital Untuk Kebangkitan Potensi eSports Indonesia’.

Padahal sambung Menparekraf RI, di Indonesia saat ini juga sudah banyak gim, misalnya untuk pc platform ada sekitar 124 gim yang dikembangkan oleh developer game dari Indonesia. ” Jadi mari kita buat Indonesia merajai produksi gim di pasar nasional. ” ucap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Potensi Besar Pasar Gim Indonesia Sangat Menjanjikan

Sandiaga Uno menilai, bahwa kondisi tersebut sangat mungkin terjadi, mengingat potensi besar dari Pasar Gim Indonesia sangatlah menjanjikan. Ia turut menyebutkan, di Indonesia saat ini sudah ada sekitar 43,7 juta gamers yang terdiri dari gamers hardcore maupun gamers casual. Dan telah menjadikan industri ekonomi kreatif subsektor gaming bertumbuh bahkan di tengah kondisi pandemi yang sulit bagi kebanyakan sektor.

Di tahun 2020 saja lanjut Sandiaga Uno, tercatat pasar gim Indonesia menyumbang pertumbuhan pemasukan sebesar 4,47 persen, sehingga layak disebut sebagai pandemic winner. Walau begitu kata Menparekraf RI, pengembang gim lokal dengan potensi sebesar itu belum bisa maksimal menggaet pasar nasional. Hal ini dikarenakan, modal pemasarannya masih jauh dibandingkan dengan para pengembang gim dari luar negeri.

Pecinta Gim Didorong Beralih Mainkan Gim Lokal

Oleh sebab itu, dirinya mendorong para pecinta gim untuk mulai beralih memainkan gim-gim lokal, baik di ponsel maupun PC. Sehingga potensi industri kreatif gim di tanah air terang Sandiaga, dapat merajai pasar nasional. Lewat cara tersebut juga sambungnya, dapat mendorong semakin banyak talenta- talenta pengembang gim lokal untuk tumbuh dan memberikan permainan yang bisa bersaing dengan gim besutan luar negeri.

Lebih jauh ia menyampaikan, untuk menjadikan gim lokal merajai Pasar Gim Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga terus menyiapkan program- program stimulus. “ Kementerian Parekraf kita terus berkomitmen untuk mengembangkan subsektor industri kreatif ini lewat games, beragam program telah kami siapkan untuk membangun dan menyukseskan industri gim di Indonesia. ” ujar Sandiaga.

Tinggalkan komentar