Gangguan Metabolik, Ini Olahraga Yang Tepat

Reza Arya

Updated on:

NUSANTARASATU.id – Apabila Anda merasakan nyeri pada perut yang diikuti rasa lesu serta lelah, sebaiknya berhati-hati, karena bisa jadi itu gejala dari gangguan metabolik. Gangguan ini merupakan kondisi yang memengaruhi produksi energi di dalam sel tubuh manusia. Kondisi ini diakibatkan adanya kelainan genetik yang mengganggu proses metabolisme.

Selain dikarenakanya adanya kelainan genetik, gangguan metabolisme juga bisa disebabkan oleh makanan, toksin, infeksi, dan lain-lain. Saat proses metabolisme ini terganggu, enzim yang berperan dalam proses metabolisme sel dapat hilang atau rusak. Enzim yang hilang, akan mengganggu proses metabolisme dalam tubuh. Sehingga dampaknya, berbagai zat racun dalam tubuh menumpuk dalam aliran darah karena gagal dikeluarkan dari tubuh.

Kenali dan Temukan Olahraga Yang Cocok Atasi Gangguan Metabolik

Gejala yang Menandai Gangguan Metabolik

Adapun sejumlah gejala gangguan bisa bervariasi, tergantung apa yang menyebabkannya. Namun lazimnya, gangguan metabolik dapat menimbulkan gejala, seperti:

  • Nyeri di bagian perut
  • Letih dan lesu
  • Berat badan berkurang
  • Muntah
  • Nafsu makan berkurang
  • Aroma keringat, air liur, urine, ataupun napas yang tidak normal
  • Keterlambatan perkembangan fisik
  • Gagal atau sulit untuk meningkatkan berat badan atau tumbuh
  • Sakit kuning
  • Kejang-kejang
  • Koma.

Gejala-gejala yang disebutkan di atas dapat muncul secara tiba-tiba atau secara perlahan. Gejala dapat muncul akibat makanan, obat-obatan, dehidrasi, atau berbagai faktor lainnya. Apabila Anda mengalami sejumlah gejala di atas dan curiga mengalami gangguan metabolik, sebaiknya periksakan ke dokter.

Olahraga Yang Cocok Bagi Pengidap Gangguan Metabolik

Bila melihat gangguan metabolik bisa menimbulkan gejala yang berkisar ringan hingga parah, Anda mungkin berpikir kira-kira olahraga seperti apa yang cocok untuk kondisi ini. Berikut contoh olahraga yang cocok bagi pengidap gangguan, di antaranya:

• Kardio

Olahraga kardio, seperti aerobik, zumba, bersepeda, berenang dan lainnya, dapat dilakukan oleh pengidap gangguan untuk membakar kalori. Cobalah untuk melakukan jenis olahraga kardio secara rutin setidaknya 30 menit.

<img decoding=
Gangguan Metabolik Kardio

• Angkat Beban

Karena otot menggunakan lebih banyak kalori daripada lemak, oleh sebab itu, memperkuat otot otomatis akan membakar kalori yang lebih efisien. Angkat beban adalah jenis olahraga yang sering dipilih untuk memperkuat otot. Tidak berbeda seperti kardio, Anda dapat melakukan olahraga ini setidaknya 30 menit dalam sehari.

Apakah Gangguan Dapat Dicegah?

Gangguan metabolik ternyata bisa dicegah. Berikut ini upaya untuk mencegah kondisi tersebut, yaitu :

  • Hindari konsumsi makanan yang sulit untuk diproses oleh tubuh secara normal
  • Ganti enzim yang telah hilang dari tubuh dengan cara mengkonsumsi suplemen pengganti enzim tersebut, supaya proses metabolisme dapat membaik
  • Jika berencana hendak menaikkan atau menurunkan berat badan, diskusikan dengan ahli gizi terlebih dahulu terkait diet yang aman dan efektif.

Sementara itu, dalam kasus gangguan ini yang didapat melalui genetik, kondisinya menjadi sulit untuk dicegah. Akan tetapi, telah tersedia sejumlah perawatan untuk menangani gejala-gejalanya. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memeriksakan kesehatan pada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Satu pemikiran pada “Gangguan Metabolik, Ini Olahraga Yang Tepat”

Tinggalkan komentar