Tips Dapatkan Jeruk Dengan Kualitas Prima

Rizky Ramadhan

Jeruk Kualitas Prima

Nusantarasatu.id Jeruk Kualitas Prima – Jeruk dikenal sebagai buah yang mengandung banyak sekali sumber vitamin C. Di Indonesia buah jeruk umumnya dikonsumsi dalam bentuk buah segar ataupun telah menjadi olahan jus. Buah jeruk juga sering digunakan sebagai buah tangan untuk menjenguk teman atau kerabat selagi bersilaturahmi maupun menjenguk orang sakit. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara memilih buah jeruk berkualitas baik untuk diberikan kepada orang lain sebagai buah tangan.

Sebagaimana dilansir dari balitjestro.litbang.pertanian.go.id, mutu buah jeruk banyak ditentukan oleh mutu eksternal (warna kulit, ukuran buah, tekstur kulit, dan kemulusan kulit) maupun mutu internalnya (kadar sari buah, kadar gula, kadar asam, rasio gula/asam dan warna sari buah). Namun, tak semua daging jeruk memiliki rasa yang manis dan segar. Beberapa di antaranya bahkan bercita rasa masam.

Buah jeruk juga diselimuti kulit yang tebal, sehingga membuat Anda agak kesulitan untuk menentukan jeruk mana yang memiliki rasa manis dan kualitas baik. Karenanya, diperlukan beberapa cara tertentu untuk memilih jenis jeruk yang tepat. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk memilih buah jeruk dengan kualitas baik dan segar, yaitu :

Cari Yang Warna Kulitnya Mengkilap.

Buah jeruk yang berkualitas baik dan segar memiliki permukaan kulit buah mengkilap dan bersih. Bukan hanya mengkilap, warna kulit buah jeruk tampak segar dan tak senescene (layu). Kulit jeruk mengkilap bisa dilihat dengan mudah saat terkena cahaya lampu maupun sinar matahari.

Tidak Terdapat Bintik Hitam Pada Pori Permukaan Kulit Jeruk.

Biasanya pada permukaan kulit buah yang terdapat spot bintik hitam akibat sudah terjadi serangan hama, terutama hama lalat buah. Karena lalat buah menyerang buah saat buah menjelang masak. Telur yang diletakkan di dalam buah jeruk lama kelamaan akan menjadi belatung dan buah akan busuk. Jadi, pilih jeruk dengan keadaan kulit yang halus dan memiliki bintik pori-pori permukaan yang tampak jelas tanpa ada spot hitam. Kualitas jeruk yang baik biasanya tidak terserang oleh OPT (Organisme Pengganggu Tanaman).

Perhatikan Bagian Bawah Permukaan Jeruk.

Jeruk yang manis dan memiliki kandungan air banyak biasanya memiliki permukaan kulit bagian bawah lebih cekung ataupun lempung.

Kulit Jeruk Renyah Aaat Dibelah Dua Dengan Tangan.

Saat membelah jeruk menjadi dua bagian dengan tangan, jeruk memiliki tekstur kulit yang tidak layu atau alot saat dibuka. Biasanya ada bunyi seperti suara yang renyah saat membelah jeruk. Hal ini menandakan buah dengan kualitas yang masih segar dan belum lama dari proses panen.

Tinggalkan komentar