Johnny G Plate Ajak Pekerja Humas Kreatif Bikin Konten Digital

Syahrul Ibrahim

Updated on:

Nusantara Satu Berita Kominfo – Para pekerja hubungan masyarakat (Humas) serta informasi publik, diajak oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G.Plate untuk bisa kreatif menciptakan konten digital mengikuti tren masa kini. Dimana hal tersebut jelasnya, bertujuan supaya setiap informasi publik yang disebarkan tidak hanya menjangkau satu generasi saja, akantetapi juga lintas generasi. Mulai dari generasi Baby Boomers hingga generasi Alpha. “ Agar konten-konten yang dirilis dapat menjangkau cakupan masyarakat yang lebih luas dengan demografi yang lebih beragam. ” tegas Johnny dalam Anugerah Media Kehumasan (AMH) 2021 seperti dikutip dalam keterangannya.

Inovasi dan Kreativitas Harus Terus Dilakukan Oleh Humas di Pemerintahan

Lebih jauh Menkoinfo RI memaparkan, bila di era digital seperti sekarang ini, Humas bukan hanya berperan membuat konten tulisan saja, namun juga membuat konten visual hingga grafis yang harus mampu menarik hati masyarakat. Seperti infografis, video pendek, bahkan menyentuh fitur virtual reality. Oleh sebab itu sambungnya, inovasi dan kreativitas harus terus dilakukan serta diasah supaya masyarakat bisa menyukai bahkan mengikuti pesan yang dibagikan oleh para humas, khususnya humas di jajaran pemerintah.

Ajakan yang diutarakannya tersebut berkaca pada data jika kini ruang digital dikuasai oleh generasi muda, yakni kaum milenial dan generasi Z. Adapun kedua generasi muda ini,menghabiskan waktu yang lama untuk melihat lini media sosial mulai dari YouTube, Facebook, hingga Instagram. “ Dengan semakin beragamnya kelompok sasaran yang berpartisipasi di ruang digital, semakin besar juga ruang kreativitas bagi humas dalam berkarya. ” imbuhnya.

Humas Jadi Instrumen Penting Sukseskan Program Pemerintah

Sementara dari sisi kehumasan di badan pemerintah, dirinya menilai, bahwa humas merupakan instrumen penting guna menyukseskan kebijakan hingga program pemerintah, terutama dalam penanganan Covid-19 di era pandemi. Dengan kinerja yang adaptif dan responsif, maka humas pemerintah berperan mengorkestrasi secara baik pesan- pesan positif bagi masyarakat. Sehingga, penanganan pandemi Covid-19 menjadi optimal di setiap daerah di Indonesia.

Dalam kesempatan ini iapun tidak lupa memberikan mengapresiasinya atas kinerja para humas di seluruh jajaran pemerintah, mulai dari pusat hingga daerah. Karena dengan bersinergi sebutnya, akan menghasilkan karya terbaik meski di masa sulit. “ Saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Insan Humas pemerintah baik dari Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD hingga Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. ” pungkasnya.

Tinggalkan komentar