6 Khasiat Dari Jus Pare Untuk Diabetes Segala Tipe

Reza Arya

Nusantarasatu.id Jus Pare – Hampir setiap orang pastinya mengenal buah pare yang memiliki rasa pahit dan seringkali dikonsumsi sebagai tumisan atau campuran dalam siomay. Meski memiliki rasa pahit, tapi tidak sedikit orang yang menggemari pare.

Dalam buah yang satu ini, terkandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, zat besi, kalsium, antioksidan serta berbagai kandungan mineral dan vitamin lainnya. Disamping itu juga, pare dikatakan merupakan sahabat dari para penderita diabetes sehingga aman untuk dikonsumsi. Lantas apa saja sebenarnya manfaat jus pare untuk diabetes? Untuk mengetahuinya lebih jauh, simaklah penjelasannya dibawah ini.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Diabetes tipe 2 bisa terjadi akibat tubuh tidak sensitif terhadap insulin. Insulin memiliki tugas sangat penting yaitu mengontrol jumlah gula atau glukosa yang bisa ditemukan pada sel sel tubuh dan inilah yang membuat penderita diabetes memiliki kadar gula tinggi dalam darahnya. Dari salah satu penelitian yang diterbitkan di Asian Pasific of Tropical Disease disebutkan, bahwa pare mempunyai sifat anti diabetes sehingga bisa menurunkan kadar gula dalam darah penderita diabetes tipe 2.

2. Melawan Resistensi Insulin

Buah yang memiliki rasa pahit ini juga dikatakan sangat baik dikonsumsi karena bisa melawan masalah resistensi insulin. Hal ini didapat karena dalam pare mengandung bahan aktif seperti alkaloid, charantin, vicine dan juga peptide, sehingga sangat disarankan dikonsumsi baik untuk mencegah diabetes ataupun untuk mengontrol diabetes.

3. Merangsang Pertumbuhan Sel Beta

Zat aktif charantin yang terkandung dalam pare juga sangat penting untuk merangsang pertumbuhan sel beta dalam pancreas, yaitu organ yang bertugas untuk memproduksi insulin. Pada penderita diabetes, sel beta tersebut sudah mengalami kerusakan sehingga pankreas tidak lagi dapat menghasilkan cukup insulin. Dengan rajin mengkonsumsi pare, maka secara tidak langsung Anda juga meningkatkan kinerja pankreas untuk menghasilkan insulin lebih baik.

4. Mengubah Glukosa Menjadi Glikogen

Buah pare yang dikonsumsi, nantinya akan bekerja dalam dua cara untuk mengatur kadar gula darah penderita diabetes. Kombinasi senyawa zat kimia dalam pare bisa mengatur jumlah glukosa yang diserap oleh usus menuju darah sesudah makan. Disamping itu, pare yang mengandung zat kimia ini juga akan merangsang sinyal pada sel otot agar bisa mengambil glukosa dari dalam darah kemudian mengubahnya menjadi glikogen.

5. Meningkatkan Penyerapan Glukosa

Dalam Journal of Ethnopharmacology dikatakan, bahwa 2000 mg pare yang dikonsumsi selama empat minggu dapat menurunkan kadar gula darah pasien diabetes. Selain itu, pada penelitian berbeda yang sudah dipublikasikan di Chemistry and Biology bulan Maret 2008 silam membuktikan, bila kandungan dalam pare bisa meningkatkan penyerapan glukosa sekaligus meningkatkan toleransi glukosa.

6. Baik Untuk Diet Penderita Diabetes

Penderita diabetes juga sangat disarankan untuk mengatur segala asupan makanan mereka setiap hari. Pare ini sangat disarankan untuk masuk dalam menu diet karena begitu bermanfaat bagi penderita diabetes. Kandungan polipeptida dalam pare ini strukturnya hampir serupa dengan hormon insulin, sehingga sangat membantu penderita diabetes dalam mengelola gula darah.

Dari penjelasan diatas bisa dilihat jika ada begitu banyak manfaat jus pare untuk penderita diabetes. Pare yang dibuat menjadi jus memang lebih disarankan agar lebih mudah dicerna dalam sistem pencernaan, meski tidak disarankan bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui.

Leave a Comment