Budi Gunadi Minta Keselamatan Pekerja Harus Lebih Diperhatikan

Syahrul Ibrahim

Nusantarasatu.id – Keselamatan para pekerja di lingkungan tempatnya bekerja, diminta Menteri Kesehatan RI (Kemenkes) Budi Gunadi Sadikin, agar lebih diperhatikan lagi. Terutama sambungnya, dalam aspek kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. “ Pandemi COVID-19 mengingatkan kita akan pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja untuk melindungi para pekerja dari potensi bahaya penyakit akibat kerja dan masalah kesehatan lain termasuk penyakit menular atau penyakit yang saat ini mewabah. ” ujar Budi di webinar ‘Tren Masa Depan Dunia Kerja dan K3 Usai Pandemi’ yang diikuti di akun Youtube ILO di Jakarta.

Ada Lima Hal Yang Perlu Dilakukan Guna Menjaga Kesehatan di Lingkungan Kerja

Ia menambahkan, bahwa tempat kerja merupakan salah satu lokus yang mempunyai potensi penularan Covid-19 cukup tinggi. Aktivitas sosial yang dilakukan, mulai dari aktivitas bersama keluarga di rumah, di lingkungan tempat tinggal hingga menuju tempat kerja, dikatakan bisa mempengaruhi jumlah kasus positif yang ada di Indonesia. Guna mencegah terjadinya penambahan kasus lanjut Budi, ada lima hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan di lingkungan kerja. Salah satunya yakni melakukan skrining dengan pengaktifan barcode yang ada pada aplikasi PeduliLindung dan diikuti dengan pemeriksaan suhu.

Untuk yang kedua terang Menkes RI, lingkungan kantor atau pabrik harus membentuk dan mengaktifkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas) agar dapat melakukan surveilans perilaku sekaligus menindak lanjuti suspek atau kasus konfirmasi bila ditemukan di tempat kerja. “ Pandemi belum diperkirakan akan berakhir. Maka kita akan mempersiapkan diri untuk hidup berdampingan dengan Covid-19. ” imbuhnya.

Kemudian iapun menyarankan, betapa penting bagi seluruh komponen yang ada dalam lingkungan kerja untuk meningkatkan kepedulian pada sesama pekerja, dengan terus mengingatkan disiplin protokol kesehatan seperti menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan setiap melakukan aktivitas dan menjaga jarak. Sementara itu hal lain yang harus diperhatikan, yakni pekerja harus saling mendukung untuk melakukan vaksinasi Covid-19 yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus dan mampu melindungi orang di sekitarnya.

Pekerja Bisa Berkontribusi Dalam Upaya Menurunkan Penularan Covid-19

Selain itu, juga menambah pengetahuan para pekerja untuk lebih mengenali jenis gejala dari Covid-19 dan meningkatkan kewaspadaan diri, juga sangat dibutuhkan guna mengurangi risiko yang tidak diinginkan. Lewat upaya-upaya tersebut terang Budi Gunadi Sadikin, para pekerja bisa berkontribusi dalam upaya menurunkan angka penularan akibat Covid-19 di tempat kerja, sekaligus membantu penanganan pandemi di dalam masyarakat. Sehingga, kesehatan pekerja dapat meningkat dan sektor ekonomi dapat pulih.

“ Dengan melakukan upaya-upaya ini, diharapkan ke depannya juga dapat mendukung keberlangsungan usaha, pemulihan dan pertumbuhan ekonomi, serta produktivitas nasional yang lebih tinggi dengan memperkuat dan meningkatkan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja. ” pungkasnya.

Tinggalkan komentar