Teten Masduki: Koperasi, UMKM Harus Berbasis Keunggulan Daerah

Mulyadi

Nusantarasatu.id – Disampaikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Teten Masduki, bahwa pembentukan dan pengembangan koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), harus dilakukan dengan berbasis pada keunggulan domestik atau keunggulan yang dimiliki daerah. ” Pengembangan koperasi UMKM itu, fokus ke keunggulan domestik daerah. ” ungkap Teten Masduki, di sela-sela peninjauan produk UMKM, pada pameran UMKM yang berlangsung di Kantor Gubernur Sulteng, di Kota Palu.

Sebagaimana diketahui, provinsi Sulteng memiliki banyak sekali produk – produk unggulan, mulai dari sektor kelautan dan perikanan, kehutanan, pertanian dan perkebunan. Misalnya seperti UMKM yang mengembangkan cokelat, hal itu karena provinsi Sulawesi Tenggar terkenal kaya akan bahan baku kakao. Kemudian pengembangan UMKM pengarajin rotan, karena Sulteng juga memiliki bahan baku rotan, serta UMKM bawang goreng, karena ketersediaan bahan baku.

” Di Sulteng ada cokelat, karena didukung dengan ketersediaan bahan baku, rotan juga, Sulteng menjadi salah satu penghasil rotan dan juga sumber potensi kelautan yang sangat kaya. Maka pengembangan Koperasi UMKM, fokus pada keunggulan-keunggulan yang dimiliki Sulteng. ” terang Teten Masduki.

UMKM Akan Mudah Berkembang

Sehingga dengan begitu sambungnya, UMKM akan mudah berkembang. Karena kendala serta masalah yang dihadapi oleh UMKM, dapat diminimalisir oleh koperasi yang ada. ” Sehingga produk-produk itu dapat menjangkau pasar nasional atau internasional. ” ucapnya.

Lebih jauh dirinya menyatakan, bahwa koperasi UMKM menjadi offtaker atau penjamin bagi UMKM itu sendiri. Sehingga, pembiayaan yang dibutuhkan pada bagian hulu, akan mampu berjalan dengan baik. ” Karena ada kepastian harga dan market. ” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama orang nomor satu dilingkungan Kementerian Koperasi dan UKM ini mengungkapkan, jika koperasi UMKM juga dapat difungsikan sebagai pengendali harga di pasaran. ” Sehingga penting berkoperasi dengan model bisnis yang baik. ” tegas Teten Masduki.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berada di Kota Palu untuk mendampingi Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin yang tengah melakukan kunjungan kerja ke Palu. Adapun salah satu agenda kunjungan kerja Ma’ruf Amin di Sulawesi tenggara tersebut adalah melakukan pembahasan tentang pemulihan ekonomi dan pemberdayaan UMKM.

Tinggalkan komentar