Ma’ruf Amin: Komitmen Berantas Korupsi Jangan Hanya Seremonial

Syahrul Ibrahim

Nusantarasatu.id – Seluruh instansi pemerintah, diingatkan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk tidak hanya menerapkan komitmen berantas korupsi semata-mata secara seremonial atau formalitas. Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Wapres Ma’ruf Amin saat memberikan kata sambutan di acara Penganugerahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBM) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) lewat konferensi video dari Jakarta, Senin (20/12/2021). ” Komitmen pemberantasan korupsi tidak boleh berhenti pada hal-hal yang bersifat seremonial atau pun administratif. ” tegas Ma’ruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Senin.

Lebih jauh mantan Ketua Majelis Ulama Indionesia (MUI) tersebut menyampaikan, bahwa berbagai strategi Pemerintah untuk memberantas praktik tindak pidana korupsi harus menjadi budaya kerja di kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian (K/L) serta pemerintah daerah (pemda). ” Roadmap Reformasi Birokrasi, predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) pakta integritas maupun anugerah WBK dan WBBM ini, seluruhnya harus termanifestasikan ke dalam budaya kerja organisasi dan pelayanan publik yang prima. ” imbuhnya.

Upaya Nyata Harus Dilakukan Oleh Unit Kerja Kementerian dan Lembaga

Disamping itu sambungnya, upaya nyata juga harus dilakukan oleh unit-unit kerja di bawah K/L dan pemda. Sehingga, masyarakat dapat menikmati berbagai pelayanan publik secara lebih cepat, mudah, murah dan inklusif. Untuk itu dirinya juga menghimbau seluruh jajaran K/L dan pemda selaku pelayan masyarakat, untuk segera memperbaiki kualitas diri dan organisasi, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik. ” Saat ini adalah kesempatan yang baik sebagai momentum introspeksi bagi seluruh pemangku kepentingan yang hadir, untuk terus berbenah memperbaiki kualitas karakter diri dan organisasi. ” tuturnya.

Pada kesempatan ini Wapres memberikan apresiasinya kepada berbagai K/L dan pemda yang meraih anugerah WBM dan WBBM, serta kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sebagai penggerak pembangunan Zona Integritas. ” Terima kasih kepada Kemenpan RB yang selalu konsisten memotori pembangunan Zona Integritas pada unit-unit pelayanan pemerintahan. Selamat pula kepada seluruh instansi penerima penghargaan predikat Zona Integritas menuju WBK dan WBBM. ” pungkasnya.

Leave a Comment