Nusantara Komunitas – Tingginya peminat masyarakat memakai jasa aplikasi ojeg online (Ojol) di indonesia, khususnya di Jakarta, sangat tinggi. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi pebisnis di dunia transportasi. Oleh sebab itu, driver ojol mengharapkan adanya kerjasama saling bersinambung antara manajemen aplikasi dan para driver. Peran driver ojol selama ini dirasakan sangat membantu masyarakat luas yang membutuhkan jasa ojek online, terlebih sekarang ini eranya menggunakan teknologi digital. Berikut kisah sharing dari Komunitas Ojol Setka Fly Over Roxi.
Ketika di temui di Base camp di Setka Fly Over Roxi, Dedi (61) salah seorang driver ojek online mengatakan, menjadi driver ojol banyak suka dan dukanya. “ Saya menjadi driver ojol untuk mencari dan memperbanyak saudara serta menjalin silatuhrami sesama driver. Disamping itu, kekompakan sesama driver ojol sangat solid. Saya menjadi driver ojol baru dua tahun ini, sebelumnya saya bekerja. “ ujar Dedi.
Lebih jauh ia menuturkan, bisnis aplikasi ojek online(Ojol) ini dinilai Dedi kurang bersinergi antara driver dengan pihak management kantor, terutama masalah kesejahteraan buat driver. “ Mau saya dari pihak management memperhatikan kesejahteraan buat para drivernya, pertama masalah kesejahteraan, kesehatan dan kecelakaan. Kita sebagai driver ojol dalam keadaan panas, hujan jalan terus demi kebutuhan hidup. Yang kita alami para driver, apabila terjadi kecelakaan dijalan raya, untuk urusan biaya rumah sakit si driver sendiri yang menanggung biaya rumah sakitnya. Untung aja masing-masing driver ada komunitasnya, jadi apabila terjadi apa-apa di jalan masing-masing dari komunitas saling bantu. “ imbuhnya.
Berharap Ada Perhatian Dari Managemen Jika Alami Kecelakaan
Meski begitu dirinya menyadari, jika memang driver ojol ini statusnya ibarat karyawan lepas. Namun ia mengharapkan, ada perhatian dari pihak management apabila terjadi sesuatu musibah yang menimpa drivernya.
Bukan hanya Dedi, harapan yang sama juga diutarakan oleh salah satu rekan driver ojol lainnya yang biasa di sapa bang Jo’e. “ Saya berharap kedepannya ada perhatian dari pihak managemet mengenai keluhan para driver ini, serta ada keterikatan kontrak kerja. Selama ini, kita hanya sebatas karyawan lepas. “ ucapnya penuh harap.
Komunitas Ojol Setka Fly Over Roxi Berjalan 2 Tahun dan Solid
Sementara itu ketika disinggung tentang komunitasnya, Joe mengungkapkan, bila Komunitas Ojol Setka Fly Over Roxi sudah berdiri dan terbentuk kurang lebih dua tahun. “ Dan selama komunitas ini terbentuk, alhamdullilah kita sudah mengadakan kegiatan bakti sosial seperti santunan anak yatim dan lain-lainnya. Untuk sementara ini yang tergabung di komunitas ini kurang lebih ada 70 orang dan alhamdulillah juga pada solid semuanya. “ terang Joe.