Penangkapan Terukur Ciptakan Lapangan Kerja Anak Muda

Nur Afni

Nusantarasatu.id – Disebutkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, bahwa kebijakan penangkapan terukur yang dijalankan pihaknya akan dapat membuka Lapangan Kerja Anak Muda sekaligus memberikan peluang menjadi wirausahawan perikanan. ” Sudah saatnya anak muda Indonesia, khususnya para sarjana di bidang kelautan untuk mengubah mindset dari mencari ke menciptakan lapangan kerja. ” ucap Menteri Trenggono ketika menerima kunjungan pengurus Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta.

Pada pertemuan itu, membahas tentang upaya penciptaan lapangan kerja pada sektor kelautan dan perikanan Indonesia. Trenggono menambahkan, jika peluang usaha terbuka lebar baik di bidang perikanan tangkap, budidaya, pemasaran, maupun pengolahan hasil perikanan. Terlebih langi sambung Trenggono, pemerintah telah memberi kemudahan dalam hal perizinan berusaha serta pinjaman modal yang dapat dimanfaatkan untuk membangun maupun pengembangan usaha yang dirintis.

Kebijakan Penangkapan Terukur Serap Tenaga Kerja Berjumlah Besar

Menurutnya, kebijakan penangkapan terukur yang mulai diimplementasikan pada tahun 2022 di 11 WPPNRI, juga memberikan peluang usaha yang cukup besar. D antaranya usaha pembuatan es, docking kapal, pemasaran hasil perikanan, hingga rumah makan di pelabuhan. ” Kebijakan penangkapan terukur ini bukan hanya melahirkan peluang usaha, tapi juga akan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. ” tutur Menteri Trenggono.

Lebih jauh dirinya menjabarkan sejumlah hal yang diatur dalam kebijakan penangkapan terukur. Mulai dari jumlah ikan yang boleh ditangkap, termasuk area penangkapannya, sampai pelabuhan tempat pendaratan ikan. Adapun tujuan utama penerapan aturan ini jelas Trenggono, adalah untuk menjaga keseimbangan ekologi dan ekonomi, pemerataan pembangunan khususnya di wilayah pesisir, hingga penyerapan tenaga kerja dalam jumlah besar.

Kehadiran Anak Muda Percepat Pembangunan Sektor Kelautan dan Perikanan

Iapun merasa sangat optimistis, kehadiran anak muda sebagai wirausahawan akan mempercepat pembangunan sektor kelautan dan perikanan Indonesia menjadi lebih produktif serta modern, sehingga produk yang dihasilkan lebih berdaya saing. Sementara itu diutarakan oleh Ketua Umum Iskindo Riza Damanik, pihaknya menyambut baik penerapan kebijakan penangkapan terukur oleh KKP. Dirinya sepakat, bahwa penerapan kebijakan ini menciptakan peluang usaha dan penyerapan tenaga kerja yang cukup besar.

Pihaknya tengah menyiapkan program bursa kerja sebagai wadah yang mempertemukan lulusan sarjana kelautan dengan pemilik modal guna mendukung tumbuhnya usaha di bidang kelautan dan perikanan. ” Kita akan memediasi, link and match, antara yang punya ide dengan pemilik modal, supaya bisa tumbuh pembangunan sektor KP. Kita percaya sumber daya manusia kita itu SDM unggul. ” pungkasnya.

Tinggalkan komentar