Tips Pilih Laptop Gaming Terbaik Yang Perlu Anda Ketahui

Syahrul Ibrahim

Nuantarasatu.id – Bagi para gamers, tentu saja laptop gaming sudah menjadi perangkat yang tidak bisa terpisahkan. Dengan laptop gaming, Anda dapat memainkan game favorit baik di rumah atau di mana saja. Laptop gaming memiliki kemampuan grafis yang tinggi, sehingga disukai di antara para gamer dan video editor. Namun, memilih laptop gaming terbaik tentunya jadi hal yang gampang-gampang susah, khususnya buat Anda yang masih awam soal hal ini.

Karena saat ini, banyak produsen laptop terkenal, seperti ASUS, MSI, dan lain-lain yang menjual laptop gaming dengan spesifikasi berbeda-beda. Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih laptop gaming terbaik. Pilihlah laptop gaming yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, kemudian nikmatilah permainan Anda

Terdapat banyak jenis dan ukuran laptop gaming, mulai dari ukuran kecil yang mudah dibawa-bawa hingga ukuran besar yang nyaman dipakai di rumah. Bila Anda mempunyai laptop gaming yang spesifikasinya tinggi, lebih mudah bagi Anda untuk mengalahkan permainan lawan. Berikut kami berikan tips simpel cara memilih laptop gaming terbaik yang bisa dijadikan acuan.

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik

1. Pilih Ukuran Layar Berdasarkan Kebutuhan

Langkah pertama, pilihlah ukuran layar laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena dengan ukuran yang tepat, maka permainan dapat lebih mudah dilakukan dan praktis tentunya. Anda bisa memilih ukuran 15,6 inci, 17,3 inci, atau bahkan lebih besar.

2. Pilih Spesifikasi yang Sesuai Dengan Game Anda

Agar bermain lebih nyaman, pilih spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin memainkan game berat, maka pilihlah laptop dengan spesifikasi terbaik. Begitu juga sebaliknya, jika hanya digunakan bermain game tidak terlalu berat maka laptop dengan spesifikasi sedang jadi pilihan terbaik. Di sini Anda bisa melihat spesifikasi GPU, CPU, RAM, Storage, atau Refresh Rate yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan game yang Anda mainkan.

3. Pilih Laptop dengan Fitur Pendingin Terbaik

Sesesuai namanya, bermain game tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, perhatikan fitur pendingin pada laptop gaming yang ingin Anda beli. Memang banyak tersedia di pasaran kipas eksternal yang dapat membantu. Akan tetapi lebih baik jika laptop yang Anda pilih sudah memiliki fitur pendingin yang mumpuni bukan?

4. Perhatikan Kapasitas & Daya Tahan Baterai

Jika Anda memilih laptop 15 inci dan akan dibawa-bawa, pilihlah produk yang ringan dan baterainya tahan lama. Laptop gaming biasanya dirancang untuk selalu disambungkan ke adaptor sehingga cukup berat. Waktu standby-nya pun lebih singkat. Untuk itu, Anda dapat memilih laptop yang beratnya sekitar 2,5 kg dan waktu standby-nya sekitar lima jam atau lebih.

5. Periksa Fitur Pendukung

Bila Anda ingin menyambungkan laptop gaming dengan beberapa perangkat tambahan, seperti mouse, controller, headset, dan lain-lain, cek dahulu expandibility-nya. Apakah kinerja laptop akan tetap baik jika disambungkan dengan perangkat lainnya?

Periksa juga apakah terdapat USB port dan HDMI/USB Tipe C di laptop gaming tersebut. Keduanya mungkin dibutuhkan untuk disambungkan dengan perangkat lain.

Tinggalkan komentar