Lima Latihan Angkat Beban Untuk Tambah Berat Badan

Salah satu olahraga yang paling ampuh untuk menambah berat badan adalah latihan angkat beban

Latihan Angkat Beban

Anda ingin menaikkan berat badan? bukan lantas Anda tidak harus berolahraga sama sekali. Justru menaikkan berat badan dengan berolahraga merupakan cara terbaik. Salah satu olahraga yang paling ampuh untuk menambah berat badan adalah latihan angkat beban. Namun Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukannya. Ada sejumlah gerakan dan teknik angkat beban yang cocok bagi Anda yang mendambakan bentuk badan ideal. Untuk menambah berat badan, Anda perlu menaikan massa tubuh.

Melakukan lima latihan angkat beban, dapat menggantikan massa lemak dengan massa otot. Menaikkan berat badan dengan massa otot tentunya jauh lebih sehat dibandingkan menaikkan berat badan dengan massa lemak.

Mudah atau tidak bertambahnya massa otot tergantung pada bentuk badan setiap individu. Orang yang memiliki struktur tulang besar atau sedang, akan lebih mudah untuk membentuk otot dibanding dengan orang yang bertulang panjang. Jadi untuk mendapatkan hasil yang optimal bagi setiap bentuk badan, latihan angkat beban harus dilakukan secara rutin. Sebagaimana yang dilansir dari Ace Fitness, dikatakan oleh Pete McCall, MS, CSCS, ada sejumlah latihan angkat beban yang direkomendasikan untuk meningkatkan berat badan. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

Lima Latihan Angkat Beban

Deadlift

Deadlift merupakan latihan angkat beban berat dengan mengangkat barbel dari lantai hingga sejajar dengan pinggul, lalu diletakkan kembali ke lantai. Ini merupakan latihan dasar yang umumnya dilakukan dengan squat serta bench press (mengangkat beban dengan posisi berbaring).

Barbel Lunge

Tidak ubahnya seperti gerakan lunges biasa, bedanya Anda harus menggenggam barbel di kedua sisi tubuh. Caranya cukup mudah. Anda harus berdiri tegak, majukkan satu kaki ke depan cukup lebar hingga lutut kaki yang berada di belakang mengenai lantai.

<img fetchpriority=
Latihan Angkat Beban Burble Lunge

Pull up

Pull up adalah gerakan mengangkat badan dengan mengandalkan kekuatan tangan. Anda akan bertumpu pada pegangan yang lebih tinggi. Caranya, berdirilah di bawah tiang penyangga, kemudian raih tiang tersebut dengan melompat. Angkat tubuh ke atas secara perlahan sampai leher Anda lebih tinggi dari palang pull up.

Bent Over Row

<img decoding=
Latihan Angkat Beban Standing Shoulder Press

Latihan ini tidak jauh berbeda dengan deadlift, hanya saja bagian lutut sedikit menekuk, dorong bokong ke atas, dan condongkan bagian dada ke depan. Awalnya, ambil barbel yang ada pada lantai lalu posisikan tubuh dengan sesuai dan angkat barbel sampai sejajar dengan perut.

Standing Shoulder Press

Latihan ini dilakukan dengan mengangkat barbel dari kedua sisi tubuh hingga ke atas kepala. Tidak perlu mengambil barbel dari atas lantai pada gerakan ini. Cukup pegang saja di sisi badan. Latihan ini mengandalkan kekuatan otot kaki, bahu, dan lengan.

Tips Untuk Lebih Cepat Tambah Berat Badan

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, ada beberapa hal yang harus Anda pahami. Perhatikan jumlah beban dari barbel atau dumbbell yang digunakan, berapa kali Anda latihan, apakah Anda cukup istirahat, berapa kali pengulangan, serta ritme gerakan latihan. Bila Anda adalah pemula dan belum mampu menyesuaikan kemampuan diri dengan target latihan, sebaiknya minta panduan dari personal trainer di tempat gym.

Disamping itu, penuhi kebutuhan nutrisi otot dengan lemak sehat, protein, dan karbohidrat dari makanan yang dikonsumsi. Pastikan Anda mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut usai berolahraga untuk perbaikan dan merangsang terbentuknya otot. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup agar pertumbuhan otot senantiasa optimal dan berat badan pun bertambah.

Olahraga 101

2 Komen
  1. […] Squat bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot tubuh bagian bawah, seperti kaki dan bokong. Bukan itu saja, latihan ini juga dapat memperlancar aliran darah menuju organ intim. Oleh sebab itulah, melakukan squat bisa membantu meningkatkan libido Anda. […]

  2. […] sejumlah latihan otot perut yang dapat membentuk six pack, diantaranya yakni push up serta latihan angkat beban. Bukan hanya untuk memperindah penampilan dan menunjang rasa percaya diri, six pack juga membentuk […]

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan dishare ke siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalan Anda. Kami berharap Anda setuju dengan hal ini, namun Anda dapat memilih untuk tidak setuju. Setuju Baca lebih lanjut

Anda Segang offline