Jokowi Targetkan 150 Ribu Peserta Magang Kampus Merdeka Di 2022

Syahrul Ibrahim

Nusantarasatu.id – Ditargetkan oleh Presiden RI Joko Widodo, bahwa sebanyak 150 ribu mahasiswa dapat berpartisipasi magang lewat program kampus merdeka. Jumlah ini meningkat tiga kali lipat dibanding peserta pada 2021 sebanyak 50 ribu peserta. “ Tahun lalu 50 ribu peserta dan tahun ini kita targetkan 150 ribu peserta, dimana 40 persen peserta magang adalah talenta-talenta digital yang ingin kita siapkan. ” tutur Presiden Jokowi dalam sambutannya pada HUT ke-49 PDI Perjuangan yang disaksikan secara daring di Jakarta, Senin (10/1/2022).

Lebih jauh disampaikan oleh Jokowi, bila peserta program dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka, akan disiapkan menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan dilibatkan dalam kegiatan magang di perusahaan-perusahaan ternama. Disamping itu Presiden juga menilai, jika program kampus merdeka menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan taraf hidup rakyat, walaupun di tengah situasi pandemi Covid-19.

Akses Rakyat Terhadap Pendidikan Dijamin Oleh Pemerintah

Sedangkan di bidang Pendidikan lanjut Presiden Jokowi upaya lainnya untuk meningkatkan taraf hidup rakyat dicapai melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dimana anggaran yang disiapkan oleh pemerintah sebesar Rp11 triliun, yang diperuntukan bagi 21 juta siswa. Selain itu program KIP Kuliah dengan anggaran Rp9,4 triliun yang ditujukan kepada 1,1 juta mahasiswa di seluruh tanah air. “ Akses rakyat terhadap pendidikan juga terus kita jamin utamanya untuk yang kurang mampu, bantuan pendidikan dasar sampai tinggi terus kita lanjutkan. ” ucap Presiden Jokowi.

Sebagaimana dikabarkan sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI Nadiem Anwar Makarim mengharapkan, semakin banyak pimpinan perguruan tinggi dapat menjadi duta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Adapun sejumlah program MKBM pada tahun 2022 antara lain, Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), serta Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Dengan adanya program kampus merdeka tersebut, maka diharapkan mampu meningkatkan pengalaman para mahasiswa di dunia kerja.

Leave a Comment