Menteri PPPA Mengajak Kaum Perempuan Untuk Majukan Negeri

Nur Afni

Nusantarasatu.id – Para perempuan, diajak oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, untuk memberikan kontribusinya sebagai upaya majukan negeri dan membuktikan jika peranan perempuan di ranah publik tidak dapat diremehkan. Selain itu, pihaknya juga mengajak perempuan untuk terus menyebarkan narasi pemberdayaan perempuan, supaya seluruh perempuan dapat memaksimalkan potensi diri mereka.

“ Menjadi tugas kita bersama untuk terus menggaungkan narasi pemberdayaan perempuan secara konsisten sehingga tercipta sistem yang dapat memampukan perempuan, membuka akses, partisipasi, kontrol dan manfaat untuk memaksimalkan potensi perempuan. Dan pada akhirnya akan tercapai cita-cita kita bersama menuju perempuan Indonesia yang berdaya, maju, mandiri dan berdaya saing. ” ujar Menteri Bintang lewat siaran pers, yang diterima di Jakarta.

Apresiasi Penghargaan Gatra Citra Perempuan Indonesia

Dalam kesempatan ini, Bintang turut mengapresiasi penghargaan Gatra Citra Perempuan Indonesia yang diberikan kepada para perempuan yang memiliki konsistensi serta tanpa henti berjuang memajukan bangsa di bidangnya masing-masing. ” Berbagai tantangan, terpaan dan cobaan datang silih berganti. Meski begitu perempuan Indonesia tetap tangguh berdiri, menjadi penopang yang mampu menyelamatkan negara dari berbagai kesulitan. ” imbuhnya.

Lebih jauh dirinya menambahkan, bahwa kaum perempuan mampu untuk menjadi inspirasi dan memberikan manfaat yang luas bagi sesama lewat beragam profesi yang dijalankan. ” Perempuan mampu menjadi inspirasi bagi sesamanya dan memberikan manfaat yang luas bagi sekitarnya melalui berbagai profesi, baik sebagai perempuan karir, pemimpin, politisi, aktivis, public figure, seniman, ibu rumah tangga untuk menjadi perempuan yang berdaya. ” tuturnya.

Sementara itu disebutkan oleh Direktur Operasional Gatra Media Group, Budi Irawan, bila penghargaan Gatra Citra Perempuan Indonesia diberikan kepada 12 perempuan dari berbagai bidang sebagai bentuk apresiasi atas peran aktif mereka di masyarakat.

Perempuan Miliki Peran Besar Dalam Mendorong Perekonomian RI

Pada kesempatan sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga juga menegaskan, bahwa perempuan memiliki potensi yang besar dalam mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.” Kesempatan dan potensi perempuan tersebut perlu diperluas dan didukung melalui kerja sama G20 ini. ” jelas Menteri Bintang dalam acara G20 Women’s Empowerment Kick-Off Meeting yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu (22/12/2021).

Potensi besar tersebut kata Bintang, mengingat Indonesia memiliki 270,2 juta penduduk yang hampir setengahnya adalah perempuan. Disamping itu, 56 persen dari jumlah tersebut adalah perempuan usia produktif. Namun pandemi Covid-19 mempunyai dampak yang cukup signifikan terhadap perempuan. Terkait hal itu, forum G20 akan membahas peran dan kepemimpinan perempuan dalam pembangunan terutama di masa pandemi Covid-19, sehingga diharapkan akan mempunyai efek global yang lebih luas.

” Kami percaya bahwa melalui kerja sama global ini, tantangan yang dihadapi perempuan terutama dalam menghadapi dampak dan dalam masa pemulihan pasca COVID-19 dapat terfasilitasi melalui kolaborasi antara keterlibatan multipihak yakni pemerintah, pemerintah daerah, sektor swasta, lembaga internasional, CSO akademisi dan stakeholders lainnya. ” pungkasnya.

Tinggalkan komentar