Ini Manfaat Dada Ayam Bagi Tulang dan Metabolisme Tubuh

Manfaat dada ayam untuk kesehatan tentu saja cukup banyak, karena dada ayam kaya akan kandungan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh

Manfaat Dada Ayam

Nusantara Satu Nutrisi – Manfaat dada ayam untuk kesehatan tentu saja cukup banyak, karena dada ayam kaya akan kandungan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Selain untuk tulang dan metabolisme, kandungan protein pada dada ayam juga mampu memberikan manfaat lain untuk tubuh. Protein yang terdapat dada ayam, juga bisa menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Oleh sebab itu, manfaat dada ayam banyak digunakan oleh mereka yang ingin meningkatkan masa otot. Untuk mengetahui lebih jauh manfaat dada ayam bagi tulang dan metabolisme tubuh, simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Dada Ayam untuk Kesehatan

Satu filet dada ayam tanpa kulit, atau sekitar 100 gram yang dimasak, mempunyai kandungan sekitar 150 kalori. Selain itu, dada ayam juga tidak mengandung serat, gula, atau karbohidrat sama sekali. Sejumlah mineral tambahan, seperti vitamin A, vitamin B, folat, kolin, tembaga, dan fosfor, juga ada dalam dada ayam. Sehingga, dada ayam dapat juga menjadi menu diet karena kandungan proteinnya yang tinggi. Berikut manfaat makan dada ayam untuk kesehatan:

Turunkan Berat Badan

Bagi mereka yang tengah melakukan diet, maka dianjurkan untuk makan makanan rendah kalori. Misalnya biji-bijian utuh, buah-buahan, sayur-sayuran, serta sumber protein dan lemak sehat seperti dada ayam. Karena dada ayam rendah kalori, makanan ini merupakan pilihan baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Komposisi gizi satu dada ayam matang tanpa tulang tanpa kulit, yakni 283 kalori, 53,4 gram protein, 0 gram karbohidrat, dan 6,2 gram lemak. Dengan kata lain, dada ayam mengandung 20 persen lemak dan 80 persen protein.

Membangun dan Pertahankan Massa Otot

<img decoding=
Pertahankan Masa Otot

Dengan program latihan kekuatan, mengkonsumsi protein mampu membantu tubuh mempertahankan massa otot dan juga membantu membangun otot. Karena dada ayam tinggi protein, maka makanan ini bisa menjadi bagian dari menu diet yang dapat membantu membangun massa otot. Hilangnya massa dan kekuatan otot, diduga menjadi penyebab peningkatan angka kematian pada lansia.

Memperkuat Tulang

Ilmuwan dan dokter meyakini, bahwa pola makan rendah protein hewani mampu mengurangi kepadatan tulang dan meningkatkan risiko patah tulang. Dengan mengkonsumsi protein, juga bisa menstimulasi kalsium untuk membantu melindungi tulang. Sehingga, sangat penting mengkonsumsi cukup protein untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Orang yang tengah menurunkan berat badan, tetap perlu mendapatkan asupan protein yang cukup. Protein mampu membantu tubuh membakar kalori sekaligus meningkatkan metabolisme dan menjaga massa otot. Untuk itu, memilih dada ayam selama menurunkan berat badan merupakan langkah yang tepat. Sebanyak 172 gram dada ayam tanpa kulit yang dimasak, mengandung 54 gram protein. Itulah sebabnya, dada ayam sering menjadi makanan andalan para binaragawan yang hendak menurunkan berat badan sambil tetap meningkatkan metabolisme tubuh.

Sumber Vitamin

Dada ayam juga mengandung selenium dan vitamin B3 dan B2. Senyawa penting yang dikenal sebagai selenium, mampu membantu tubuh melawan infeksi. Sedangkan kandungan vitamin B3 yang terdapat pada dada ayam, mendukung metabolisme tubuh, sistem saraf, dan pertahanan antioksidan. Sementara itu, vitamin B2 dapat membantu menghasilkan energi.

Nutrisi

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan dishare ke siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalan Anda. Kami berharap Anda setuju dengan hal ini, namun Anda dapat memilih untuk tidak setuju. Setuju Baca lebih lanjut

Anda Segang offline