Manfaat Mengkonsumsi Jamur Untuk Wanita Hamil

Bolehkah ibu hamil makan jamur? Apa manfaat mengkonsumsi jamur bagi wanita hamil? Untuk informasi lebih lanjut, lihat uraian berikut ini.

Nusantara Satu Nutrisi – Pada umumnya, ibu hamil sering merasakan ngidam untuk makan beraneka ragam makanan, termasuk jamur. Namun pertanyaannya, bolehkah ibu hamil makan jamur? Lantas apa saja manfaat mengkonsumsi jamur bagi wanita hamil? Untuk informasi lebih lanjut, lihat uraian berikut ini.

Karakter Dan Morfologi Jamur Yang Aman Dan Sehat

Jamur Tiram (Agaricus bisporus):

Jamur tiram adalah jenis jamur yang biasa ditemukan di supermarket. Mereka kaya akan vitamin B, zat besi, dan selenium.

  • Tubuh buah (miselium): Putih, tebal, berbentuk bulat hingga cembung.
  • Tutup (topi): Berbentuk cembung dengan diameter sekitar 5-10 cm, awalnya berwarna putih kemudian berubah menjadi coklat.
  • Hifa: Benang halus yang membentuk miselium putih.

Jamur Shitake (Lentinula edodes):

Jamur shitake mengandung nutrisi penting seperti vitamin D, vitamin B, dan zat besi. Mereka juga memiliki senyawa aktif yang diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Tubuh buah (miselium): Putih, berbentuk bulat hingga cembung.
  • Tutup (topi): Berbentuk cembung dengan diameter sekitar 5-10 cm, warnanya bervariasi dari coklat hingga hitam.
  • Hifa: Benang halus yang membentuk miselium putih.

Jamur Portobello (Agaricus bisporus):

Jamur portobello adalah varietas jamur tiram yang matang lebih lama dan memiliki rasa yang lebih kaya. Mereka mengandung vitamin D, vitamin B, dan sumber protein nabati.

  • Tubuh buah (miselium): Putih, tebal, berbentuk bulat hingga cembung.
  • Tutup (topi): Berbentuk cembung dengan diameter sekitar 10-15 cm, warnanya bervariasi dari coklat hingga hitam.
  • Hifa: Benang halus yang membentuk miselium putih.

Jamur Kuping (Auricularia auricula-judae):

Jamur kuping memiliki tekstur kenyal dan umumnya digunakan dalam hidangan sup atau tumis. Mereka mengandung zat besi, serat, dan sejumlah kecil protein.

  • Tubuh buah (miselium): Tipis, gelatinous, berbentuk seperti telinga atau kuping.
  • Warna: Umumnya coklat atau hitam.
  • Hifa: Benang halus yang membentuk miselium putih.

Jamur Enoki (Flammulina velutipes):

Jamur enoki memiliki bentuk yang unik dengan benang halus yang panjang. Mereka mengandung vitamin B dan serat

  • Tubuh buah (miselium): Benang halus yang membentuk kelompok padat dengan tinggi sekitar 5-7 cm.
  • Tutup (topi): Berbentuk lonjong atau menyerupai batang.
  • Warna: Putih atau krem.
  • Hifa: Benang halus yang membentuk miselium putih.

Manfaat mengkonsumsi jamur untuk wanita hamil

Ibu hamil mungkin harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang boleh dan tidak boleh untuk dimakan. Karena, memilih sumber makanan yang baik menjadi kunci kehamilan yang sehat. Ibu hamil yang suka masakan jamur pasti senang, karena merujuk dari situs Mom Junction, Anda boleh makan jamur meski sedang hamil.

Nutrisi yang terkandung dalam jamur, bukan hanya bermanfaat untuk Anda saja, tetapi juga baik untuk tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Jamur merupakan makanan padat nutrisi, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dan calon buah hati. Beberapa manfaat mengkonsumsi jamur selama kehamilan antara lain:

1. Kaya vitamin B kompleks

Jamur kaya akan vitamin B kompleks, termasuk tiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3), dan asam pantotenat (B5). Semua vitamin B ini memberikan efek positif bagi kesehatan ibu sekaligus mendukung perkembangan bayi selama masa kehamilan.

Pada wanita hamil, mengkonsumsi vitamin B dapat membantu mengobati atau mencegah kmasalah kesehatan tertentu. Termasuk depresi, kelelahan, penyakit jantung, mengurangi stres dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin B kompleks efektif meningkatkan stamina tubuh maupun melindungi Anda dari kerusakan jangka panjang akibat polusi udara.

Sementara zat niasin dan tiamin, mendukung perkembangan otak bayi, riboflavin menjaga kesehatan kulit, penglihatan serta perkembangan saraf, otot, dan tulang bayi yang kuat. Kemudian asam pantotenat, berguna untuk mengatur berbagai fungsi metabolisme tubuh.

2. Vitamin D

<img decoding=

Bersama dengan vitamin B, vitamin D adalah nutrisi penting lainnya yang ibu hamil butuhkan. Vitamin D juga membantu Anda melawan infeksi. Kemudian vitamin D juga dapat mencegah diabetes dan beberapa jenis kanker.

Kekurangan vitamin D selama kehamilan, bisa menyebabkan kelelahan, sakit punggung, tulang melemah hingga depresi. Kekurangan vitamin D selama kehamilan, dapat berakibat bayi Anda kekurangan kalsium dan fosfat.

Hal terdebut berdampak pada perkembangan gigi dan tulang yang buruk. Dalam beberapa kasus, juga dapat meningkatkan risiko rakhitis (penyakit tulang lunak) pada bayi. Menjaga tulang yang kuat dan sehat tentu sangat penting untuk tumbuh kembang anak, namun pondasinya harus mulai berjalan sejak dalam kandungan.

3. Zat Besi

Menjaga kadar zat besi jelas sangat penting selama kehamilan. Karena jika kurang, maka Anda akan cepat merasa lelah, berisiko tinggi terkena anemia dan mudah sakit. Anemia karena kekurangan zat besi selama dua trimester pertama kehamilan, membawa risiko kelahiran prematur hingga dua kali lipat dan risiko kekurangan berat badan hingga tiga kali lipat. Untungnya, kekurangan zat besi mudah Anda cegah dan obati. Salah satu caranya dengan makan jamur saat hamil.

4. Protein dan serat

Kandungan protein dan serat jamur tidak jauh berbeda dengan sumber nabati lainnya dan cukup tinggi. Protein berguna untuk perkembangan tubuh janin secara umum, karena berperan dalam pembentukan massa otot. Pada saat yang sama, serat dapat meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit yang umum terjadi selama kehamilan.

5. Antioksidan

Manfaat lain mengkonsumsi jamur selama kehamilan adalah efek antioksidannya,, yaitu selenium dan ergothioneine. Kedua antioksidan tersebut mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Bukan itu saja, selain nutrisi penting di atas, jamur juga mengandung seng, kalium, dan selenium. Semua mineral tersebut tentunya berperan penting dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan janin.
Selain Manfaat Mengkonsumsi Jamur, Simak Juga Hal-hal Berikut Ini

Mengetahui berbagai manfaatnya, bagi yang ingin mencoba makan jamur saat hamil sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

Pilih dan beli jamur yang masih dalam kondisi segar

  • Jika ingin membeli olahan jamur, perhatikan dulu tanggal kadaluarsa yang tertera
  • Cuci dan masak jamur sampai matang
  • Jika Anda khawatir dengan efek samping jamur, makanlah jamur dalam jumlah kecil terlebih dahulu dan lihat bagaimana reaksinya. Hindari segera jika terjadi reaksi alergi.

Meski makan jamur terbilang aman dan bermanfaat bagi wanita hamil, sebaiknya hindari mengkonsumsi jamur mentah yang belum melalui proses pengolahan. Penting juga untuk membedakan jamur mana yang boleh dan tidak boleh Anda konsumsi, karena tidak semua jamur bisa Anda makan.

Komen ditutup

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalan Anda. Kami berharap Anda setuju dengan hal ini, namun Anda dapat memilih untuk tidak setuju. Setuju Baca lebih lanjut

Anda Segang offline