MotoGP Beri Manfaat Untuk Pemilik Homestay di Mandalika

M. Sanudin

Nusntarasatu.id – Pengaruh perhelatan ajang balap MotoGP 2022, diyakini oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan mampu membangkitkan ekonomi masyarakat. Termasuk para pemilik homestay (rumah tinggal) di kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Lantaran, ajang balap internasional itu diprediksi akan mendatangkan 100 ribu lebih pengunjung,. Kapasitas akomodasi tidak akan mampu ditampung dalam hotel yang ada di Mandalika dan sekitarnya. ” Kami meninjau langsung kesiapan MotoGP 2022 yang menjadi simbol kebangkitan ekonomi masyarakat sekitar Mandalika. ” tuturnya ketika mengunjungi Homestay Kuta Circle Homestay dan Cafe di Kawasan Kuta Mandalika.

Pada kesempatan yang sama, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut berinteraksi dengan pemilik Kuta Circle Homestay Haji Salamiah. Ia memiliki sekitar 10 kamar dengan harga sewa per malam mencapai Rp150 ribu -Rp400 ribu. Sebagai upaya dalam mempromosikan tempat penginapannya, Salamiah mengaku anaknya memasarkan homestay tersebut secara digital. ” Saya berharap, kehadiran pemerintah bisa membantu para pengusaha homestay. Bantuan terutama dari sisi lampu penerangan dan ketersediaan air yang saat ini masih menggunakan air tanah yang payau. ” ucap Salamiah.

Lebih jauh dirinya menambahkan, bahwa kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno mampu membangkitkan geliat pariwisata yang ada di sekitar tempat usahanya, terlebih menjelang perhelatan MotoGP. Menyikapi hal tersebut, Sandiaga menganggap fasilitas Kuta Circle Homestay sudah sangat baik dan dilengkapi pemanas air serta toilet yang bersih.

Bukan itu saja, bahkan dirinya menilai bila harapan yang disampaikan oleh Haji Salamiah terkait bantuan terhadap para pengusaha homestay, juga wajib diwujudkan oleh pemerintah. ” Saya paham ini kebutuhan dari masyarakat untuk segera bangkit, dan lapangan kerja semakin menggeliat. Untuk itu, saya berharap kebijakan kami akan tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu. ” ujar Sandiaga Uno.

Pemerintah Akan Maksimal Persiapkan Ajang MotoGP 2022

Sebelumnya Sandiaga Uno juga menyampaikan, jika pemerintah akan maksimal mempersiapkan ajang MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang dipastikan memberikan dampak besar pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Sesuai arahan Presiden Joko Widodo terangnya, ajang internasional ini diharuskan sukses dan tak ada celah untuk membuat kesalahan. ” Kita akan lakukan persiapan secara matang dan pelatihan-pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia). ” imbuhnya seusai meninjau kawasan Paddock (garasi setiap tim pembalap) Sirkuit Mandalika.

Untuk itu dirinya meminta para pemangku parekraf, untuk segera melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan harmonisasi guna memanfaatkan momentum MotoGP agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Iapun menginginkan, agar masyarakat setempat dapat memperoleh manfaat dari perhelatan kejuaraan motor kelas utama tersebut. Dalam tinjauannya di Sirkuit Mandalika, Menparekraf mengevaluasi beberapa isu yang perlu diselesaikan. Seperti infrastruktur di dalam sirkuit, kesiapan akomodasi, pra-event (kegiatan selama mempersiapkan acara utama), hingga promosi produk wisata dan ekonomi kreatif sebagai upaya mendukung kesuksesan ajang MotoGP.

” Intinya kami ingin memastikan beberapa persiapan yang menjadi tugas kami, dan kami akan hadir secara tegas untuk mempersiapkannya. Kita punya 65 hari lagi dan pekerjaan rumah (PR) kita sangat berat. ” kata Menparekraf RI.

Sementara mengenai akomodasi, pihaknya akan memastikan terlebih dulu jumlah penonton yang sudah terverifikasi untuk disesuaikan dengan tingkat ketersediaan kamar. ” Nanti sebagai alternatifnya bisa diarahkan ke homestay (rumah tinggal), cabin atau glamping (menginap di tenda dengan fasilitas mewah, hingga cruise (hotel terapung di kapal pesiar) dan juga keterlibatan masyarakat setempat. Selain itu ada juga penerbangan shuttle dari Bali atau Surabaya, (dan) Banyuwangi yang bisa dijadikan alternatif. ” pungkasnya.

Satu pemikiran pada “MotoGP Beri Manfaat Untuk Pemilik Homestay di Mandalika”

Tinggalkan komentar