Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beli Motor Matik Bekas

Rizky Ramadhan

Nusantarasatu.id: Motor Matik Bekas – Sepeda motor matik merupakan salah satu kendaraan yang digandrungi, terutama oleh pengendara di daerah perkotaan yang padat. Disamping mudah dikendarai, beberapa variannya yang ber-cc mungil juga memiliki harga yang relatif terjangkau. Tingginya permintaan motor matik menjadikan matik bekas juga diminati. terlebih harganya jauh lebih miring dibandingkan yang baru. Namun, ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli motor matik bekas, agar nantinya Anda tidak kecewa. Lantas apa saja yang wajib diperhatikan tersebut? Untuk mengetahuinya simaklah uraiannya dibawah ini.

1. Pastikan Bodi Motor Masih Orisinal

Hal yang harus diperhatikan Ketika hendak membeli motor adalah melihat bodinya. Pengecekan ini sangat penting dilakukan untuk melihat apakah motor ini pernah kecelakaan ataupun jatuh. Disamping itu, pengecekan juga bertujuan untuk melihat retakan dan goresan yang ada di bodi motor. Bodi motor yang lecet tentu akan mengurangi penampilan motor tersebut. Ini bisa membuat harga motor matik manjadi lebih murah. Jadi dengan mengecek bodi motor yang hendak dibeli, Anda jadi tahu dengan kondisi motor tersebut.

2. Periksa Kelistrikan Motor

Motor yang kelistrikannya bagus, memang dapat dilihat dari semua alat yang ada di motor berfungsi dengan baik. Kelistrikan motor ini sangat penting diperiksa guna mengetahui apakah semua alat di motor berfungsi. Memeriksa kelistrikan motor ini juga sangat berguna untuk melihat kelayakan motor tersebut. Selain itu, pembeli juga mengetahui sudah berapa lama motor digunakan. Walaupun sederhana, namun memeriksa kelistrikan motor sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

3. Periksa Mesin Motor

Cara memeriksa mesin motor yang sangat sederhana dapat dilihat dari nyala motor tersebut. Motor yang mudah dinyalakan dengan starter, berarti mesin motor tersebut masih bagus. Bukan itu saja, mesin motor yang bagus juga dapat dilihat dari bunyi mesinnya. Bunyi mesin yang halus menandakan motor sering diservis. Untuk memeriksa mesin motor bekas, sebaiknya dilakukan dengan mengendarai motor yang hendak dibeli. Dengan memeriksa mesin motor, pembeli juga menjadi tahu terkait tenaga yang dihasilkan motor matik itu.

4. Periksa Kelengkapan Surat Motor

Memeriksa surat motor ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah motor tersebut merupakan hasil tindak kejahatan atau bukan. Pemeriksaan surat motor ini dapat dilakukan dengan melihat STNK dan BPKB. Selain itu, yang tidak kalah penting dilakukan adalah memeriksa pajak motor matik yang ingin dibeli. Jika pemilik motor menunggak pajak, maka harga motor dapat diturunkan untuk membayar keterlambatan pajak beserta dendanya. Memeriksa surat motor ini merupakan langkah awal yang sangat penting untuk menghindari penipuan.

5. Cek Harga Pasaran

Dalam membeli motor matik bekas, hal yang tidak kalah penting dilakukan yakni mengetahui harga pasaran. Hal ini dilakukan agar uang yang dikeluarkan sebanding dengan kualitas motor yang didapat. Dengan mengecek harga pasaran motor, membuat pembeli tidak mudah tertipu dengan harga motor yang sangat murah. Untuk mengecek harga pasaran motor matik bekas, dapat dilihat melalui situs jual beli, majalah ataupun di internet. Mengecek harga motor juga penting untuk mengetahui harga motor bekas yang sesuai dengan isi kantong. Tentu yang paling utama adalah mendapatkan motor matik bekas yang bagus dengan harga yang terjangkau.

Satu pemikiran pada “Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beli Motor Matik Bekas”

Tinggalkan komentar