Nikmatnya Suasana Di Pemandian Air Panas Guci, Tegal

N1

Nusantarasatu.id – Guci, merupakan salah satu destinasi wisata terkenal sebagai pemandian air hangat yang berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, tepatnya dibawah kaki Gunung Slamet bagian utara. Pemandian Air panas guci ini cukup terkenal karena panorama alam yang menarik dengan hawa sejuk khas pegunungan.

Di tempat ini, memiliki banyak pancuran yang diyakini oleh masyarakat setempat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kulit dan rematik. Disamping terdapat kolam pemandian air panas, para wisatawan juga bisa menikmati 10 air terjun. Pada bagian atas obyek wisata ada air terjun Jedor yang dulunya milik seorang lurah Jedor. Untuk bekeliling tempat wisata ini, Anda juga bisa menyewa kuda dengan harga sewa yang relatif terjangkau.

Tersedia Fasilitas Penginapan, Losmen, Villa dan Hotel

Guna memanjakan wisatawan yang datang, obyek wisata Guci menyediakan berbagai fasilitas yang tergolong cukup lengkap, seperti penginapan, villa, losmen hingga hotel berbintang dengan berbagai fasilitas yang menarik. Selain itu, tempat wisata Guci juga menyediakan wisata hutan, lapangan tenis, lapangan sepak bola dan juga tempat perkemahan atau camping ground.

Bahkan demi menambah daya tarik destinasi tersebut, wisata Guci kini membuka wahana baru yaitu pemandian air panas Guciku Hot Waterboom. Wahana ini merupakan permainan air yang meliputi kolam renang, kolam badan Guci, kolam rendam, dan arus jeram. Dan juga ditambah lagi fasilitas lainnya seperti restoran, penginapan, dan pertokoan yang menyediakan souvenir serta pernak pernik untuk dijadikan oleh-oleh.

Ada satu hal yang menarik dari obyek ini, yaitu biasanya wisata Pemandian Air Panas Guci selalu ramai pada hari Kamis malam, yang keesokan harinya merupakan Jum’at Kliwon. Hal ini tidak lepas dari mitos yang berkembang, bahwa jika mandi sekitar jam 12 malam dan memohon sesuatu di sini, sehingga apapun permohonannya akan dikabulkan. Oleh warga masyarakat sekitar biasa disebut dengan ngalap berkah. Kepercayaan seperti ini sudah terjadi secara turun temurun. Konon air panas Guci dulunya terjadi karena ada seorang sunan yang menancapkan tongkatnya ke tanah dengan membawa air panas di dalam guci, maka keluarlah air panas ini atas izin Sang Maha Pencipta.

Akses Menuju Obyek Wisata Air Panas Guci

Untuk akses menuju ke obyek wisata Pemandian Air Panas Guci ini, Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Apabila memilih menggunakan kendaraan umum, Anda bisa turun di sampai di terminal kota Tegal, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum ke Desa Tuwel.

Jarak tempuh menuju desa ini yaitu sekitar 30 hingga 40 menit. Selanjutnya, dari Desa Tuwel, Anda dapat melanjutkan dengan menggunakan kendaraan bak terbuka menuju Pemandian Air Panas Guci dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Biaya masuk ke Pemandian Air Panas Guci ini relatif murah jika dibandingkan dengan tempat wisata lain yang sejenis. Nah bagi Anda yang dalam waktu dekat ini berenca ingin berlibur bersama keluarga atau pasangan, tidak ada salahnya mencoba berwisata ke pemandian air panas Guci di kota Tegal ini.

Tinggalkan komentar