Manfaat Olahraga Barre Bikin Anda Rajin Latihan

Reza Arya

Nusantarasatu.id – Pernahkah Anda mendengar apa itu olahraga barre?. Jika Anda sedang mencari olahraga baru yang menyenangkan, Anda bisa mencoba olahraga ini. Apalagi bila ingin membentuk tubuh agar terlihat lebih kencang. Barre adalah satu jenis olahraga yang pergerakannya ini terinspirasi dari gerakan balet, yang digabungkan dengan kombinasi gerakan pilates dan yoga.

Olahraga barre ini fokus pada peningkatan kekuatan otot inti, mengembangkan kestabilan bahu dan pinggul, serta meningkatkan kelenturan. Olahraga ini cocok dipadukan dengan olahraga lain seperti lari atau bersepeda. Karena, barre sendiri bukan jenis olahraga untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru secara keseluruhan. Melakukan barre secara rutin 2-3 kali seminggu dapat membantu Anda membentuk postur dan otot inti yang lebih baik.

Manfaat Olahraga Barre

Karena olahraga ini mengutamakan kekuatan otot inti, kestabilan posisi bahu dan pinggul, serta meningkatkan kelenturan, maka olahraga ini bermanfaat lebih ke arah pembentukan dan mengencangkan beberapa bagian tubuh, terutama untuk wanita, seperti pinggul, bokong, dan paha. Selain itu, olahraga ini juga bisa memperbaiki postur tubuh, yang lantas dapat meningkatkan kepercayaan diri wanita.

Kelenturan tubuh juga akan meningkat ketika melakukan olahraga ini. Dengan kelenturan yang meningkat, tentunya ruang gerak Anda saat beraktivitas dan melakukan olahraga jenis lainnya akan lebih mudah, dan lebih kecil risikonya mengalami cedera otot. Dengan otot inti yang lebih kuat selama melakukan olahraga barre, ini juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan tubuh Anda.

Yang Cocok Berolahraga Barre

Pada dasarnya, olahraga low-impact ini cocok untuk segala umur. Apalagi untu orang yang ingin memperbaiki postur tubuh, menguatkan otot inti, meningkatkan kelenturan, dan mengencangkan otot-otot di area pinggul serta paha. Selain itu, bagi Anda yang ingin melakukan pemulihan setelah mengalami cedera, olahraga barre akan sangat membantu. Kemudian, olahraga ini juga pas untuk ibu hamil. Tentunya dengan gerakan-gerakan aman yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil.

Selanjutnya, orang yang cocok melakukan olahrga saying satu ini yaitu para ibu yang habis melahirkan. Namun perlu diingat, untuk ibu hamil dan pasca melahirkan, pilihlah gerakan – gerakan Barre yang tidak terlalu sulit dan konsultasikanlah sebelumnya kepada dokter Anda. Dan bagi Anda yang mengalami artritis atau permasalahan pada sendi, olahraga Barre juga sangat tepat untuk membantu meringankan sakit yang diderita.

Yang Perlu Diketahui Sebelum Berolahraga Barre

Tidak seperti olahraga lainnya yang menimbulkan pergerakan yang lincah, olahraga ini pergerakannya lebih tenang. Pelatih barre akan memberikan instruksi untuk melakukan perpindahan gerakan yang kecil, hanya beberapa inci dari tiap gerakan ke gerakan berikutnya. Gerakan kecil ini membuat tubuh Anda secara langsung menggunakan otot di area yang ingin dikencangkan. Hal ini disampaikan oleh Hollis Morris, pelatih senam di Pure Barre New York dalam laman Everyday Health.

Saat pertama kali mengikuti kelas olahraga barre, jangan heran bila kaki Anda akan bergetar tak terkendali. Namun Ini adalah tanda tubuh Anda sedang beradaptasi. Kaki yang bergetar tersebut, menandakan bahwa Anda telah benar menggunakan otot yang diinstruksikan oleh pelatih dalam tiap gerakannya. Ini pasti terasa berat saat pertama, tapi selanjutnya jika sudah melakukan gerakan-gerakan olahraga barre lebih dari tiga kali Anda akan terbiasa.

Untuk melihat gerakan Anda terlihat sudah benar atau belum saat melakukan barre, sebaiknya gunakan pakaian yang tepat. Gunakan celana legging dan tank top atau baju olahraga yang pas di badan tapi tetap nyaman. Setiap perpindahan gerakan Anda akan terlihat jelas dan bisa diperbaiki langsung jika ada posisi yang salah, sehingga latihan Anda lebih tepat dan efektif.

Tinggalkan komentar