Ketahui Beragam Manfaat Olahraga Malam Hari Beserta Risiko

Walau baik untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga malam juga mempunyai risiko yang penting untuk Anda ketahui

Manfaat Olahraga Malam Hari

Nusantara Satu Exercise – Walau baik untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga malam juga mempunyai risiko yang penting untuk Anda ketahui. Meski waktu olahraga yang disarankan adalah di pagi hari, namun karena alasan pekerjaan maupun gaya hidup, sebagian orang memilih berolahraga di malam hari. Salah satu penelitian menyatakan, bahwa manfaat nya tidak berbeda dengan berolahraga di pagi hari. Lantas apa saja manfaat yang bisa diperoleh? Untuk mengetahuinya simaklah ulasannya dibawah ini.

Berbagai Manfaat Olahraga Malam Hari

Pada prinsipnya, excercise di malam hari lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali. Setidaknya, Anda disarankan berolahraga selama 30 menit setiap harinya guna menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Ada sejumlah manfaatnya yang bisa didapat, diantaranya yakni:

• Tingkatkan kualitas tidur

<img decoding=
Tingkatkan Kualitas Tidur

Ada pendapat yang menyebutkan, jika olahraga malam dapat menyebabkan sulit tidur atau menurunkan kualitas tidur. Padahal sejumlah penelitian menyebutkan, bahwa olahraga bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan kualitas tidur pun lebih baik. Hal ini dikarenakan, ia dapat membuat seseorang merasa lelah, sehingga mudah terlelap dan tidak sering terbangun dari tidurnya.

• Jernihkan pikiran

Tidak berbeda dengan olahraga pagi, diwaktu malam hari juga mampu menjernihkan pikiran, khususnya setelah Anda lelah bekerja atau beraktivitas seharian. Pasalnya, pada saat berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi stres, sehingga Anda bisa berpikir dengan lebih baik.

• Tingkatkan performa olahraga

Berdasarkan salah satu studi, olahraga malam mampu meningkatkan performa ketika Anda melakukan aktivitas fisik jika dibandingkan dengan di pagi hari. Hal tersebut karena paru-paru serta metabolisme tubuh bekerja lebih baik pada malam hari. Bukan itu saja, otot tubuh yang lelah pasca beraktivitas seharian, akan lebih rileks dan fleksibel. Dengan demikian, risiko Anda mengalami cedera atau kram semakin kecil saat berolahraga malam.

Berbagai Risiko Olahraga Malam Hari

Walaupun mempunyai dampak baik terhadap kesehatan, namun yang dilakukan berdekatan dengan jam tidur malah dapat membuat Anda susah tidur. Kondisi tersebut disebabkan, oleh suhu dan metabolisme tubuh yang mengalami peningkatan usai berolahraga, sehingga membuat Anda tetap terjaga. Untuk itu, Anda tidak disarankan berolahraga 1 jam sebelum waktu tidur. Bukan itu saja, pemilihan jenisnya malam pun kerap memengaruhi jam tidur tubuh.

Anda disarankan tidak berolahraga intensitas tinggi, seperti senam aerobik, yang dapat meningkatkan suhu tubuh. Jika hendak berolahraga pada malam hari, Anda dapat melakukannya intensitas ringan hingga sedang, seperti yoga, peregangan tubuh atau jalan santai. Dan supaya kualitas tidur tidak terganggu pasca olahraga malam, Anda disarankan pula untuk tidak mengkonsumsi minuman berkafein dan beralkohol sebelum tidur. Selain itu, juga makan malam dengan porsi kecil ntuk meminimalkan terbangun pada malam hari dan mengalami susah tidur.

Intinya, olahraga malam sebenarnya aman dilakukan dan menyehatkan, tidak seperti mitos yang selama ini beredar. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan waktu dan jenis olahraga yang dilakukan supaya tidak mempengaruhi jam tidur.

Kumpulan lasan Excercise

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan dishare ke siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalan Anda. Kami berharap Anda setuju dengan hal ini, namun Anda dapat memilih untuk tidak setuju. Setuju Baca lebih lanjut

Anda Segang offline