Manfaat Hebat Olahraga Pilates Untuk Perbaiki Postur Tubuh

Reza Arya

Nusantarasatu.id – Apakah Anda pernah mendengar jenis olahraga bernama pilates?. Pilates adalah jenis olahraga yang dilakukan dengan membuat gerakan-gerakan unik dengan bantuan alat pilates. Namun, di balik kegiatannya yang terlihat sederhana, ternyata olahraga ini sangat berguna untuk memperbaiki postur tubuh Anda. Mengapa demikian? simak penjelasan di bawah ini.

Asal Usul Pilates

Pilates pertama kali ditemukan oleh seorang pria asal Jerman, Joseph Pilates. Semasa kecilnya, ia sering dihinggapi berbagai macam penyakit, seperti asma dan demam rematik. Ketika beranjak dewasa, Joseph tertarik pada dunia gym sehingga ia sering berolahraga dan akhirnya semakin jarang terserang penyakit. Joseph pun menyimpulkan bahwa salah satu penyebab seseorang mengalami penyakit adalah kurang berolahraga.

<img decoding=
pilates-postur 1

Dari situlah akhirnya ia mengembangkan suatu jenis olahraga yang berfungsi untuk menyeimbangkan antara kesehatan pikiran dan tubuh. Olahraga tersebut dinamai dengan pilates, yang sebenarnya merupakan gabungan antara gym, ilmu bela diri, yoga, dan tari.Pilates memang identik dengan gerakan-gerakan yang membuat otot-otot tubuh bekerja keras. Namun, meski melelahkan, semakin cepat pula akan terbentuk otot-otot pada tubuh.

Benarkah Olahraga Pilates Bisa Perbaiki Postur Tubuh?

Bentuk tubuh tentu sangat penting bagi penampilan serta kesehatan tubuh seseorang. Posturtubuh yang tidak sempurna bisa membuat otot dan tulang tidak simetris. Hal ini tentunya dapat melukai dan mengganggu kerja organ vital seperti jantung dan paru- paru.

Bagi mereka yang mengalami skoliosis (struktur tulang belakang yang miring), memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena osteopenia (gangguan pada tulang akibat kehilangan kepadatannya). Mereka juga akan mengalami keterbatasan dalam beraktivitas, seperti tidak bisa duduk atau berdiri terlalu lama hingga mengalami nyeri pada punggung belakang.

Ternyata, olahraga pilates dapat membantu menurunkan derajat kemiringan tulang belakang pada penderita skoliosis. Bukan hanya itu saja, gerakan-gerakan pilates pun mampu membantu mengendalikan keparahan gejala skoliosis, termasuk mengurangi nyeri akibat skoliosis. Dan berbagai gerakan pada olahraga pilates ini, ternyata juga mampu menguatkan dan meningkatkan massa otot-otot tubuh. Oleh sebab itu, tak heran jika olahraga tersebut dapat meningkatkan kelenturan dan ketahanan tubuh, sehingga olahraga ini sangat cocok bagi penari atau perenang indah.

Teknik-teknik pada pilates juga menekankan aktivitas pada otot yang berada di tulang belakang lumbal, sehingga dapat membuat bagian pinggang dan tulang belakang menjadi lebih seimbang. Dengan begitu, postur tubuh Anda jadi terlihat lebih ideal. Manfaat memperbaiki postur tubuh ini diperoleh melalui berbagai gerakan pada pilates yang membutuhkan kerja otot sehingga akan membentuk otot dan gerakan tersebut dilakukan secara berulang, mulai dari tahap awal hingga tingkatan yang lebih sulit.

Tips Melakukan Pilates Bagi Pemula

Tujuan dari olahraga pilates adalah untuk menjaga kekuatan otot di sekeliling tulang belakang. saat melakukan gerakan – gerakan pilates, ada beberapa kunci utama yang harus Anda perhatikan, yakni:

  • Bernapaslah dengan lega sampai Anda dapat merasakan pelebaran pada tulang iga bagian bawah.
  • Teknik ini dilakukan dengan belajar untuk mencari posisi netral pada tulang belakang dengan melibatkan otot yang tepat.
  • Ketika Anda melakukan gerakan yang melibatkan kepala dan leher, hindari adanya penekanan dagu Anda ke leher.

Ketika Anda mulai melakukan pilates, lakukan dalam suasana dan kondisi yang tenang dan rileks. Mulailah dari tahap-tahap awal terlebih dahulu. Baru kalau sudah mulai terbiasa, dapat meningkatkanya ke level yang lebih tinggi. Saat melakukan gerakan-gerakan pilates, Anda juga harus menggunakan kekuatan otot perut Anda, menarik sisi punggung ke atas, dan mengencangkan bagian bokong.

Yang Wajib Dipahami Saat Lakukan Pilates

  • Berkonsentrasilah dalam melakukan setiap gerakan. Ingat, tidak ada bagian dalam tubuh Anda yang tidak penting.
  • Kendalikan setiap gerakan Anda. Tidak hanya gerakan besar saja, setiap gerakan kecil pun harus mampu tetao dikontrol demi memperbaiki postur tubuh Anda.
  • Lakukan setiap gerakan dengan perlahan dan pasti. Jangan terlalu kaku dan jangan terlalu cepat atau terlalu lambat dalam melakukan setiap gerakan.
  • Setelah selesai melakukan pilates, jangan lupa untuk cool down. Teknik pendinginan ini dilakukan dengan bersandar pada dinding kemudian bukalah kedua kaki Anda dengan lebar dan rileks. Bernapaslah dengan rileks lalu membungkuklah selama beberapa saat. Setelah itu Anda pasti akan merasa lebih tenang dan segar.

Leave a Comment