Menteri Perdagangan: Pemenang GDI 2021 Jadi Pilar Ekspor RI

Nur Afni

Nusantarasatu.id – Disebutkan oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, bahwa para pemenang ajang kompetisi Good Design Indonesia (GDI) 2021, menjadi pilar ekspor Indonesia di masa yang akan datang. ” Tugas saya salah satunya adalah untuk memastikan barang-barang Indonesia bisa berkompetisi di pasar dunia. Seluruh pemenang bisa menjadi pilar ekspor baru dengan desain produk yang diinginkan pasar global. ” terang Mendag Lutfi secara virtual.

Surplus Neraca Perdagangan RI Jadi Anugerah Dari Super Cycle Komoditas

Ia menambahkan, jika surplus neraca perdagangan Indonesia yang terjadi hingga bulan Oktober 2021 lalu, menjadi salah satu anugerah dari momentum super cycle komoditas atau periode ketika harga komoditas naik secara signifikan. Oleh karena itu sambungnya, momentum tersebut perlu dijaga keberlangsungannya, sejalan dengan menjaga produk-produk dalam negeri agar tetap kompetitif.

apalagi jelas Muhammad Lutfi, komoditas ekspor Indonesia kini mulai bergeser dari bahan mentah menjadi barang setengah jadi dan barang jadi yang lebih bernilai tambah. Oleh sebab itu dirinya menyatakan, bahwa GDI menjadi salah satu mekanis untuk menjaga agar kinerja ekspor Indonesia tetap meningkat di masa yang akan datang. Namun meski begitu, Menteri Perdagangan RI mengingatkan, bila tantangan ekspor saat ini adalah soal ekonomi hijau. Yang artinya, bagaimana Indonesia dapat memproduksi barang ekspor yang diproduksi berdasarkan unsur-unsur keberlanjutan.

DNA Orang Indonesia Biasa Hidup Dengan Alam

Akan tetapi Mendag RI Muhammad Lutfi merasa optimistis, bahwa Indonesia akan dapat menjawab tantangan tersebut. Mengingat budaya masyarakat Indonesia yang kehidupannya dekat dengan alam. ” Ini adalah peluang bagaimana ekonomi hijau bisa menjadi bagian dari kehidupan kita. Karena DNA orang Indonesia sudah biasa hidup dengan alam. Dan ini akan menjadikan pilar-pilar baru ekonomi Indonesia. ” ucap Lutfi.

Lebih jauh Lutfi menilai, bahwa GDI juga merupakan penghargaan bagi pelaku usaha atas desainer yang mampu menciptakan produk kreatif, inovatif, serta memiliki nilai komersial yang tinggi di pasar global. Tentu saja kesemuanya itu dengan memenuhi indikator inovasi, nilai kebaruan, nilai komersial, dan memiliki dampak positif bagi masyarakat. Sebagaimana diketahui, pemenang GDI 2021 juga akan diikutsertakan dalam ajang Good Design Award atau Gmark di Jepang. Menteri Perdagangan RI berpendapat, ajang tersebut dapat menjadi tolok ukur kreativitas desainer produk dalam negeri untuk mengetahui kualitas desain produk dari negara lain.

Tinggalkan komentar