Airlangga Sebut PIDI 4.0 Solusi Percepatan Transformasi Industri

Nur Afni

Nusantarasatu.id – Diungkapkan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, bahwa pembangunan Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0), menjadin solusi satu atap dalam percepatan transformasi Industri 4.0 di Indonesia. “ Sekaligus menjadi showcasing Making Indonesia 4.0 untuk dunia terutama dalam hal digitalisasi. ” ucap Menko Airlangga dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta.

Lebih jauh dikatakan oleh Menteri dari partai Golkar tersebut, jika Pembangunan PIDI 4.0 merupakan bukti nyata atas upaya Indonesia dalam bertransformasi menuju Industri 4.0. Namun transformasi itu lanjutnya, dilakukan dengan tetap memperhatikan peningkatan nilai tambah dan kapasitas dalam global value chain. Selain itu, pembangunan PIDI 4.0 juga diharapkan olehnya dapat berperan penting dalam mendukung tema besar Presidensi G20 Indonesia dengan 3 pilar utamanya. Yaitu, arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi menuju keberlanjutan.

Manfaatkan First Sherpa Meeting G20, Indonesia Ajak Peserta Kunjungi PIDI 4.0

Dengan memanfaatkan momentum rangkaian First Sherpa Meeting G20 pada Rabu (8/12/2021), Indonesia mengajak para Sherpa dan Sous Sherpa G20 untuk mengunjungi PIDI 4.0. Para peserta disambut oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Arus Gunawan. Dalam kesempatan tersebut, para delegasi kemudian menandatangani Digital Sign Board G20 serta melakukan tour booth Digital Industry dan Green Industry.

Adapun PIDI 4.0 sendiri merupakan sebuah lembaga pemerintah, khususnya bagian dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), yang diharapkan dapat mendukung industri di Indonesia dalam bertransformasi menuju Industri 4.0. Dengan ditampilkannya inovasi-inovasi digital pada kunjungan itu, maka diharapkan juga dapat menarik negara lain untuk berinvestasi ke Indonesia.

Ada lima layanan utama yang ditawarkan PIDI 4.0, yakni Showcase Center, Delivery Center, Capability Center, Ecosystem for Industry 4.0, dan Engineering and AI Center. Pada kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang hadir secara daring menuturkan, bila ke lima layanan ini diharapkan mampu mengakselerasi transformasi industri yang ada di Indonesia.

Satu pemikiran pada “Airlangga Sebut PIDI 4.0 Solusi Percepatan Transformasi Industri”

Tinggalkan komentar