Kiat Motret Seperti Fotografer Pro Dengan Kamera Smartphone

Menggunakan kamera handphone terlebih dahulu sampai anda mahir tentang tehnik memotret dengan menggunakan waktu, pengetahuan serta latihan panjang

Pro Dengan Kamera Smartphone

Nusantarasatu.id – Untuk menjadi seorang fotografer professional, bukanlah hanya di butuhkan alat memotret seperti kamera DSLR yang bertekhnologi canggih semata, tetapi juga diperlukan waktu, pengetahuan serta latihan panjang agar dapat mengambil foto yang menakjubkan.Namun seiring kemajuan tekhnologi saat ini, bagi anda yang baru mulai menggandrungi seni fotografi tidak perlu tergesa – gesa untuk membeli dan menggunakan kamera DSLR sebagai saran memotret. Anda bisa berlatih dengan menggunakan kamera dari handphone terlebih dahulu sampai anda mahir tentang tehnik memotret.

Pro Dengan Kamera Smartphone

Berikut ini ada beberapa tips yang anda harus harus perhatikan bila memotret dengan menggunakan kamera dari smartphone, agar hasilnya juga tidak kalah dengan kamera DSLR canggih. Adapun hal – hal yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut :

1. Pahami Perangkat Yang Anda Gunakan

Apabila ingin mendapatkan kualitas gambar yang tinggi, anda harus menggunakan smartphone dengan sensor kamera yang tinggi pula. Sebab jika menggunakan smartphone low-end, jangan terlalu berharap untuk mendapatkan kualitas gambar yang sama saat menggunakan smartphone high-end.

Hanya saja, memang fotografer handal mampu hasilkan foto berkulitas tinggi dengan kamera smartphone seadanya, seperti fotografer amatir yang menghasilkan foto yang biasa saja dengan kamera smartphone kelas atas.Seperti disebutkan di atas, pengalaman dan proses belajar memegang peranan penting untuk menghasilkan foto yang baik.
Pengaturan Kamera Hingga Penggunaan Flash

2. Otak-atik Pengaturan Kamera di Smartphone.

Tergantung smartphone dan versi Android yang digunakan, pengaturan kamera yang ditampilkan akan berbeda-beda. Namun, kebanyakan jajaran smartphone yang ada di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mengatur fokus kamera, pencahayaan, hingga ISO.

Karena itu, jangan takut untuk mencoba kombinasi pengaturan tersebut untuk menghasilkan foto yang sempurna dan berkualitas.

3. Letak Cahaya Selalu Membuat Perbedaan

Salah satu kesulitan mengambil foto dengan smartphone Android kelas bawah adalah kemampuan untuk mengambil foto dalam keadaan gelap. Salah satu cara untuk mengakalinya anda bisa menggunakan lampu flash yang terpasang di smartphone milik anda.

4. Ketahui Kapan Harus Menggunakan Flash

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya di atas, banyak fotografer ingin mengendalikan jumlah cahaya yang diinginkan saat memfoto suatu obyek. Namun, cahaya yang dihasilkan terkadang kurang seimbang. Karena itu, ada baiknya kamu mengetahui kapan waktu yang tepat menggunakan flash, atau hanya perlu memainkan exposure untuk menambah tingkat kecerahan gambar.

Angle hingga Pegang Kamera dengan Dua Tangan

5. Cari Angle yang Sempurna

Guna memaksimalkan hasil foto yang anda ambil, angle atau sudut pengambilan objek atau subjek juga berperan besar.

Dengan angle pengambilan foto yang tepat, subjek yang akan anda foto akan terlihat lebih terang atau dramatis saat diambil fotonya. Selama berlatih, maka anda jangan merasa takut untuk mengambil gambar dari berbagai sudut, serta jangan hanya terfokus pada satu sisi foto saja.

6. Jangan Pakai Zoom Digital

Tanpa disadari, banyak pengguna smartphone yang menggunakan zoom digital saat mengambil foto. Dengan mengandalkan zoom, maka hasil foto pun akan terlihat kurang detail. Hal tersebut dikarenakan, lensa smartphone tidak memiliki kemampuan untuk memperbesar dan menjaga kualitas foto di saat yang sama. Apabila anda ingin mendapatkan subjek dengan lebih detail, sebaiknya bergerak lebih dekat ke arah obyek foto agar hasil lebih maksimal.

7. Pastikan menggunakan Dua Tangan Ketika Mengambil Gambar

Hal ini tidak hanya berlaku untuk kamera besar seperti DSLR ataupun lainnya, walaupun hanya menggunakan kamera smartphone, anda tetap harus memegang menggunakan kedua tangan anda. Sebab, apabila hanya menggunakan satu tangan, pasti tangan kamu akan bergetar sehingga dampaknya hasil foto pun terlihat kabur atau tidak fokus. Jadi pastikan menggunakan dua tangan untuk mengambil gambar. Tapi jika anda menggunakan smartphone yang memiliki fitur anti-shake, maka hal itu cukup membantu mengurangi lensa bergoyang pada saat anda mengambil gambar. Sedangkan apabila anda merasa tidak dapat memegang ponsel dengan stabil bahkan dengan kedua tangan, maka solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan tripod.

1 Komen
  1. […] seorang fotografer panggung yang sudah berpengalaman sekalipun, memilih pengaturan kamera yang tepat bisa sangat menantang dalam mengabadikan momen sebuah acara […]

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan dishare ke siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalan Anda. Kami berharap Anda setuju dengan hal ini, namun Anda dapat memilih untuk tidak setuju. Setuju Baca lebih lanjut

Anda Segang offline