Nusantarasatu UMKM – Produk UMKM dan merek lokal usaha mikro kecil dan menengah Indonesia, diyakini oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dapat bersaing di pasar dunia. Optimisme tersebut ia utarakan setelah mengunjungi Brightspot Market (BrightspotMRKT) 2022 yang memamerkan beragam produk UMKM berkualitas atau setara dengan produk impor. “ Yang perlu disiapkan adalah bagaimana mendukung ekosistem bisnis supaya mereka bisa terus meningkatkan kapasitas usaha, mengembangkan inovasi produknya dan menjangkau pasar yang lebih luas. ” tutur Teten Masduki ketika meninjau Brightspot Convergence yang diselenggarakan di Mall Senayan Park, Jakarta, sebagaimana dalam keterangan pers.
BrightspotMRKT Usung Merke Lokal dan Produk UMKM Di Pasar Dunia
Lebih jauh dirinya mengakui, jika hampir tidak mempercayai bahwa berbagai produk buatan UMKM lokal mempunyai kualitas yang tinggi, inovatif, dan diminati pasar dalam negeri maupun pasar Dunia. Adapun produk – produk yang ditampilkan diantaranya adalah, makanan, fesyen, apparel/pakaian, kosmetik, dan parfum. Ajang BrightspotMRKT 2022 tersebut merupakan acara tahunan yang dikenal menjadi panggung bagi para pengusaha lokal untuk memperkenalkan produknya masing-masing. Sejak tahun 2009 lalu, Brightspot dirintis dan mengusung Produk UMKM dan merek lokal Indonesia yang dianggap selalu punya potensi untuk dikembangkan di Pasar Dunia.
BrightspotMRKT 2022 Bertema Convergence Diikuti Lebih Dari 90 Vendor
Dengan mengambil tema Convergence (konvergensi), gelaran ini diramaikan lebih dari 90 vendor dari berbagai bidang usaha juga kreator yang menyajikan konsep nyata dari metaverse pelaku dan penikmat industri kreatif Indonesia. Para peserta sudah melewati proses ketat dalam kurasi produk, sehingga Brightspot dipercaya karena telah melahirkan banyak merek lokal. Saat ini, BrightspotMRKT 2022 digelar selama lima hari, yakni sejak tanggal 26 hingga 30 Januari 2022 di Senayan Park, Jakarta.
Walaupun tidak bisa hadir ke lokasi, akan tetapi para konsumen tetap bisa berbelanja secara online melalui aplikasi dan situs Brightspot. “ Melalui pasar online yang semakin meluaskan pemasaran tanpa batas, menjadi wujud kemajuan industri kreatif Indonesia. ” kata orang nomor satu di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil menengah tersebut.