Tips Merawat Sepatu Kesayangan Supaya Tidak Cepat Rusak

Rizky Ramadhan

Nusantarasatu.id – Disaat menggunakan sepatu kesayangan, pastinya Anda berhati-hati agar tidak kotor. Namun apa jadinya jika cuaca tidak mendukung dan Anda harus melewati jalanan yang kotor atau terkena cipratan karena hujan turun. Kalau sudah begitu mau tidak mau harus segera mencuci sepatu tersebut. Namun ketika mencuci sepatu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar sepatu kesayangan tidak rusak. Apa saja? Simak uraian lengkapnya berikut ini.

Jangan Biarkan Kotor dalam Waktu Lama

Merawat sepatu yang kotor atau lembap dalam waktu yang lama memang diperlukan usaha yang ekstra. Jika sepatu hanya dikeringkan begitu saja, kotoran yang menempel tidak akan hilang. Pada saat musim hujan, tidak jarang membuat sepatu Anda menjadi jauh lebih kotor. Dan bila dibiarkan terlalu lama dalam kondisi kotor, maka sepatu tersebut bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan noda.

Jika sepatu Anda terkena lumpur, biarkan lumpur agak mongering terlebih dahulu, baru kemudian cuci sepatu tersebut. Tujuannya, agar lebih mudah dipisahkan tanpa terkena bagian lainnya.

Dilansir femalenetwork, Jeff Dengate, Editor dari Runner’s World menyarankan, untuk segera melepas insole dan masukkan kertas bekas guna menyerap air yang masuk ke dalam sepatu. Gunanya agar sepatu tidak semakin bau dan membantu mempercepat proses pengeringan.

Cuci dengan Sikat Halus dan Cleaner Khusus

Salah satu cara terbaik merawat sepatu adalah dengan mencuci sepatu menggunakan peralatan-peralatan yang dibutuhkan seperti di bawah ini:

  • Sikat berbulu halus
  • Sikat gigi
  • Kain
  • Beberapa wadah berisi air hangat untuk membilas
  • Cleaner khusus sepatu (detergen tanpa pewangi dan pewarna)
  • Kipas angin atau hair dryer

Saat mencuci sepatu, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian sol sepatu. Kemudian, sunakan sikat yang sudah basah dan terkena sabun, lalu posisikan sepatu bagian tumit di atas. Sikatlah perlahan untuk menghilangkan kotoran dan tidak mengenai area lain. Jangan lupa untuk siapkan wadah berisi air untuk membilas dan posisikan sepatu secara vertical. Selanjutnya, siram air dari atas agar air mengalir ke bawah tanpa mengenai midsole.

Perhatikan Bahan Sepatu Anda

Selanjutnya dalam merawat sepatu, yang perlu diperhatikan adalah bahan sepatu itu sendiri. Perlu diketahui, bahwa tidak semua sepatu memiliki perlakuan yang sama dalam merawatnya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan, tergantung jenis sepatu seperti berikut ini:

Sepatu Berbahan Suede dan Kanvas:

  • Gunakan air yang sedikit agar gak mengubah tekstur.
  • Sikat bagian bawah sepatu (outsole) dengan sikat secara perlahan agar gak menyentuh area suede atau canvas
  • Lalu bersihkan sisa sabun dengan tisu basah tanpa alkohol
  • Ambil sikat yang diberi sabun dan air sedikit saja
  • Gosok ringan (tidak ditekan) pada bagian atas dan samping sepatu

Sepatu Berbahan Kulit:

  • Gunakan handuk atau kain yang diberi sabun untuk membersihkan bagian dalam dan luar sepatu
  • Ambil handuk lain yang kering untuk membersihkan sisa sabun
  • Jika ada noda-noda yang masih menempel, kamu bisa mengoleskan petrolium jelly dengan cottonbud

Bersihkan dengan kain atau handuk kering. Untuk bahan suede hanya perlu ditekan-tekan sedikit tanpa digosok. Lain halnya yang berbahan kanvas, handuk bisa digosok untuk menghilangkan sabun.

Keringkan Menggunakan Kipas Angin atau Hair Dryer

Setelah selesai dibersihkan, saatnya untuk mengeringkan sepatu Anda. Hindari mengeringkan sepatu di bawah sinar matahari, karena dapat merusak tekstur permukaan sepatu. Cukup diangin-anginkan menggunakan kipas angin atau jika ingin lebih cepat, gunakanlah hair dryer dengan kekuatan panas paling rendah dan berjarak minimal 20 cm dari sepatu.

Tinggalkan komentar