7 Lokasi Gratis Untuk Menikmati Eksotisme Sunset Di Pulau Bali

Mulyadi

Sunset

Nusantarasatu.id – Rasanya tidak lengkap liburan Anda di Pulau Dewata Bali bila belum menyaksikan sensasi indahnya matahari terbenam atau Sunset di senja hari. Tidak sedikit orang berucap, untuk menikmati sesuatu yang indah, maka Anda harus berani membayar mahal. Namun ungkapan tersebut nampaknya tidak berlaku di pulau yang sangat terkenal akan keindahan alam serta budayanya tersebut. Bali membagikan keindahannya kepada semua orang. Walaupun Anda berlibur dengan budjet kecil, tetap bisa menikmati spektakularnya pemandangan Bali saat sunset.

Berikut adalah 7 lokasi gratis untuk menikmati eksotisme sunset terbaik yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Bali

1. Pantai Amed

Pantai ini terletak di Kabupaten Karangasem, tepatnya di desa Tulamben, Kecamatan Kubu. Mengunjungi pantai ini, Anda perlu menempuh perjalanan selama 2 jam dari Kota Denpasar dan hanya perlu berkendara selama 30 menit saja dari Kota Amlapura.

Pantai dengan pasir hitam nan eksotis tersebut, memiliki kekayaan bawah laut sangat menawan yang tidak akan dapat Anda temui di pantai lainnya di Bali. Tapi ada aktivitas lain di pantai ini yang tidak kalah mengesankan, yaitu menikmati indahnya matahari terbenam dari atas bukit Amed. Saat menunggu tenggelamnya matahari, Anda dapat bermain kano, dan melihat aktivitas petani garam, ataupun sekedar berjalan-jalan disepanjang garis pantai.

2. Pantai Tegalwangi

Belum banyak yang mengetahui keberadaan Pantai Tegalwangi atau kerap disebut juga Jimbaran Hidden Beach. Pantai ini dapat diakses dengan mengikuti jalan ke arah Ayana Resort, kemudian menikung ke arah menuju Pura Tegal Wangi. Dari Bandara Ngurah Rai, pantai ini bisa dicapai dengan berkendara selama kurang lebih 30 menit.
Selain pantainya yang masih sepi, Pantai Tegalwangi memiliki keindahan alam yang mempesona. Dari puncak tebing, Anda dapat menikmati panorama pantai yang di kelilingi dengan tebing-tebing yang di tumbuhi dengan pepohonan hijau asri. Menikmati sunset disini, pastinya akan membawa kesan yang mendalam bagi Anda.

3. Pantai Mesari

Pantai ini lebih di kenal sebagai Pantai Double Six, terletaknya berada di daerah Seminyak dan telah menjadi tujuan utama para wisatawan baik domestic atau manca negara. Selain keindahan pasir putihnya, Pantai Mesari juga memiliki bibir pantai yang cukup lebar sehingga memungkinkan bagi para pengunjungi untuk menikmati berbagai macam aktifitas seperti jogging, bermain sepak bola, jalan santai dan berjemur.

Pemandangan matahari terbenam di pantai ini adalah salah satu yang terbaik yang dapat Anda nikmati di Bali. Jika memiliki dana lebih, Anda juga bisa bersantai di salah satu cafe maupun restoran yang di bangun di pinggir pantai Mesari. Bagi Anda pecinta fotografi, pastinya sangat sayang dilewatkan momen matahari tengelam di pantai tersebut.

4. Pantai Batu Belig

Lokasi pantai Batu Belig terletak di daerah Kerobokan. Belum banyak orang yang mengetahui letak pantai ini dan tidak banyak orang yang mendatangi pantai ini. Meskipun berdekatan dengan Pantai Petitenget, pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga cocok buat Anda yang hanya ingin bersantai ataupun berenang.

Disamping dapat dengan tenang menikmati pemandangan matahari yang perlahan terbenam, disini Anda juga bisa melihat beberapa wisatawan yang tengah belajar menunggang kuda. Di sebelah kanan pantai Batu Belig terdapat sebuah jembatan tradisional dari bambu yang di bangun untuk menyebrangi sungai kecil. Banyak orang mengunakan jembatan ini sebagai latar belakang untuk berfoto ria.

5. Pura Tanah Lot

Siapa tidak kenal dengan Tanah Lot, tempat ini merupakan salah satu obyek wisata terbaik di Bali, terutama untuk menikmati keindahan sunset. Terletak di Kabupaten Tabanan, Tanah lot memberikan pengalaman menyaksikan sunset yang tak terlupakan. Yang menambah uniknya sunset di tempat ini adalah sebuah pura yang di bangun di atas batu karang raksasa

Pada perjalanan menuju ke Pura Tanah Lot, Anda juga akan banyak melewati petakan sawah hijau yang membentang luas Suatu pemandangan asli Bali yang sudah cukup langka dan harus tetap dijaga keberadaannya. Untuk mendapatkan suasana indahnya matahari terbenam di Tanah Lot, disarankan untuk datang lebih awal sebelum jam 18:30 WITA, sehingga Anda tidak melewati sedetikpun sunset yang menawan disini.

6. Pura Uluwatu

Salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbenam di Pulau Bali yakni di Pura Uluwatu, yang terletak di Pecatu. Karena ini area pura, maka pengunjung diwajibkan untuk menggunakan kain serta selendang sebagai bentuk rasa hormat. Dari pintu masuk, Anda harus berjalan kaki menuju areal pura yang merupakan salah satu spot untuk menikmati sunset. Sepanjang perjalanan, sebaiknya Anda menyimpan semua barang-barang di dalam tas dan tidak membawa makanan karena banyak sekali monyet monyet liar di sini.

Menikmati tenggelamnya matahari di tempat ini sangatlah menarik karena kamu akan ditemani oleh Tari Kecak, tarian khas Bali. Anda bisa menikmati mewahnya sunset di tempat ini sambil menyaksikan betapa megahnya budaya Bali. Objek yang satu ini tidak murni gratis untuk di nikmati, Anda perlu merogoh kocek sekitar 100 ribu per orang untuk bisa menikmati tarian kecak. Namun bila Anda hanya ingin melihat sunset di pura Uluwatu dari kejauhan, ada beberapa spot yang bisa digunakan secara gratis.

7. Pantai Melasti

Sama seperti Pantai Pandawa, Pantai Melasti yang letaknya juga di daerah Ungasan ini memiliki salah satu panorama sunset terindah yang dapat Anda saksikan. Dengan tebing tebing kapur raksasa yang mencapai ketinggian 100-150 meter, akan membuat siapapun yang datang ke Pantai Melasti terkesima. Jalan yang berkelok kelok turun ke pantai kini sudah di benahi oleh pemerintah, sehingga Andapun akan lebih mudah untuk mengakses pantai putih yang membentang luas di sini.

Sunset

Leave a Comment