Taman Nasional Taka Bonerate, Surga Taman Laut Di Indonesia

Imam Burhannudin

Updated on:

Nusantarasatu.id – Terbentang di sebelah selatan dari pulau utama Sulawesi di Laut Flores, Taman Nasional Taka Bonerate di Kabupaten Selayar bukan hanya didominasi taman laut yang kaya, tetapi juga habitat bagi sejumlah spesies burung, baik burung pantai dan juga laut. Pulau Selayar adalah pintu gerbang menuju taman nasional yang memiliki luas 530.765 hektar ini, di mana 220.000 hektar dari area tersebut merupakan hamparan atol dan laguna. Taka Bonerate adalah wilayah atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajalein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Maldives.

Taka Bonerate, bersama-sama dengan Wakatobi, Ambon, Banda, Raja Ampat serta Bunaken dan Derawan di Kalimantan, berada di jantung kawasan Segitiga Karang yang membentang dari Kepulauan Solomon di sebelah timur, ke Filipina di utara, ke Bali, Lombok, Komodo, Flores dan Laut Sawu di selatan, yang membentuk dasar dari segitiga besar ini. Disamping atol, taman nasional ini terdiri dari 21 pulau – pulau.

Taka Bonarante Suguhkan 526 Spesies Ikan Karang

Oleh Cianc – https://www.flickr.com/photos/cianc/298211866/sizes/m/, CC BY 2.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=2509514

Air jernih menawarkan berbagai terumbu dan atol curam, serta lereng dan dasar laut yang datar, semua menawarkan peluang bagi wisatawan untuk menguji keterampilan mereka dan mengagumi keindahan kehidupan bawah lautnya. Selain 242 spesies karang, Taka Bonerate juga menyuguhkan sebanyak 526 spesies ikan karang berwarna-warni dan aneh serta 112 spesies alga makro. Para wisatawan yang gemar menyelam akan bisa lebih dekat dan berenang dengan lumba-lumba, kura-kura, ikan pari, kadang-kadang melihat hiu, atau paus sperma.

Oleh Hoffryan di Wikipedia https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=2586997

Selain itu, Andapun akan dibuat terpesona oleh gorgonian raksasa, karang hitam, ikan kalajengking, nudibranch, ikan tuna, bobara, ikan wrasse napoleon. Yang kesemuanya itu akan lebih membentuk keyakinan terhadap kemurnian surga bawah laut ini. Anda juga akan menemukan penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu belimbing Pasifik (Lepidochelys olivicea), dan penyu hijau (Chelonia mydas). Memang, Taka Bonerate dikatakan memiliki salah satu keanekaragaman laut tertinggi di dunia. Taman ini memiliki lebih dari 50 titik penyelaman yang fantastis dipulau Tinabo, di dekat pulau Kahabia, Belang-Belang, dan Taka Lamungan.

Mencapai Lokasi

Untuk sampai ke Selayar dan Taka Bonerate, Anda harus mengambil penerbangan ke Makassar, ibukota Sulawesi Selatan. Karena Makassar adalah penghubung jalur udara untuk Indonesia timur, hampir semua operator domestik terbang ke Makassar dari semua bandara utama. Jika Anda perlu untuk menginap, ada banyak hotel di Makassar. Anda dapat menyewa mobil sendiri ke Bira, di mana Anda dapat menggunakan kapal feri ke Selayar, atau menginap semalam di Bira.

Untuk transportasi darat langsung ke Selayar, yang terbaik yaitu dengan menggunakan bus ber-AC dari Makassar. Rute perjalanan melalui kota Bira di Kabupaten Bulukumba, lalu menyebrang dengan menggunakan feri ke Selayar. Dari Selayar masih membutuhkan waktu tempuh sekitar 8 jam dengan perahu dari kota Benteng ke pulau Tinabo. Jika dalam waktu dekat ini Anda berencana berlibur bersama pasangan atau keluarga, Taka Bonerate ini bisa menjadi pilihan favorit untuk menyaksikan surge dibawah laut yang tersimpan di Sulawesi. (lihatsebelumpunah)

Tinggalkan komentar