5 Tips Jika Ingin Beli Hard Disk Eksternal

Syahrul Ibrahim

Nusantarasatu.id Tips Beli Hard Disk Eksternal – Laptop atau komputer yang kapasitasnya terlalu penuh, tentu saja dapat menurun performanya. Karena itu, pastikan jika Anda selalu mem-back up data-data penting di hard disk eksternal. Selain untuk menyimpan salinan dari data yang sensitif dan rawan hilang, penggunaan hard disk juga dapat membantu membawa data penting kemana saja. Mau ke kampus atau main ke rumah temen, Anda tetap bisa mengakses dokumen penting tanpa harus menenteng laptop setiap saat. Namun, sebelum Anda membeli hard disk eksternal baru, ini dia tips penting yang perlu dijadikan pertimbangan.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan

Operasi Sistem yang Kompatibel

Hal pertama yang perlu Anda teliti sebelum membeli hard disk adalah kompatibilitasnya dengan sistem operasi (OS) yang Anda gunakan di laptop atau komputer. Walaupun kebanyakan hard disk bisa diformat ulang untuk semua jenis komputer, tapi ada juga beberapa hard disk yang hanya bisa digunakan di OS tertentu.

Kapasitas Penyimpanan

Agar Anda bisa membeli hard disk yang tepat dengan kebutuhan, pastikan dulu berapa kapasitas penyimpanan yang diinginkan. Misalnya, jika Anda hanya ingin menyimpan dokumen kerja kantor, maka mungkin hard disk kapasitas 750 GB sudah sangat cukup. Tapi, kalau Anda ingin menyimpan foto, video, atau bahkan koleksi film, beli saja hard disk 4 TB supaya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Konektivitas Untuk Sambungan Praktis

Dalam membeli hard disk, hal berikutnya yang perlu jadi pertimbangan adalah soal konektivitas. Kebanyakan hard disk mengandalkan port USB untuk tersambung ke laptop. Ada dua jenis port yang utama, yaitu USB 3.0 dan USB 2.0, dimana USB 3.0 memberikan kecepatan lebih tinggi untuk memindahkan files. Kalau Anda sering memindahkan files dari laptop ke hard disk dan sebaliknya, maka pilihlah hard disk dengan interface USB 3.0 atau port thunderbolt agar tidak memakan waktu lama.

Kecepatan Mengolah Data

Sistem kerja hard disk eksternal adalah ketika Anda membuka atau mengolah data, maka piringan di dalamnya akan terus berputar. Kecepatan perputaran ini dihitung dengan RPM (Revolutions per Minute). Artinya, semakin tinggi RPM dari hard disk, semakin cepat ia bisa mengolah dan memutar file yang dibutuhkan. Umumnya, Anda bisa membeli hard disk dengan kecepatan 5.400 RPM. Tapi, jika Anda menginginkan performa yang lebih cepat, bisa juga pilih hard disk dengan kecepatan 7.200 RPM agar bisa nonton film dan video tanpa tersendat.

Pakai Garansi Supaya Aman

Namanya juga perangkat elektronik, banyak elemen mikro yang terkadang rusak karena alasan teknis. Oleh sebab itu, sebelum membeli hard disk, pastikan dulu bahwa hard disk memiliki garansi resmi. Ini penting agar jika ada hal-hal yang tidak diinginkan, Anda dapat mengklaim dan memperoleh bantuan servis yang memuaskan. Nggak mau kan hard disk rusak hanya setelah beberapa bulan?

Nah, sudah tahu kan 5 hal penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli hard disk? Dengan 5 aspek tersebut, maka Andapun bisa mendapatkan hard disk eksternal yang sesuai dengan kebutuhan dan tahan lama. Yang pasti, semua data milik Andapun bisa disimpan dengan aman dan rapi.

Tinggalkan komentar