Tips Mudah Jaga Kesehatan Rambut Tanpa Harus Perawatan Di Salon

Syahrul Ibrahim

Nusantarasatu.id – Bagi kaum hawa, rambut adalah mahkota yang sangat berharga dan harus dirawat agar selalu terlihat sehat dan indah. Oleh sebab itu, sebagian wanita bahkan sampai rela menyiapkan anggaran khusus untuk senantiasa menjaga keindahan rambutnya dengan pergi ke salon.

Namun tahukah para wanita, bahwa untuk memiliki rambut yang indah mempesona itu tidak selalu harus melakukan perawatan di salon yang menghabiskan dana cukup besar. Berikut ini ada tips untuk melakukan perawatan rambut dengan budget murah dan bisa dilakukan di rumah saja.

  1. Yang Pertama, anda harus tahu terlebih dahulu jenis rambut apa yang anda milki. Sehingga, nantinya anda tidak salah dalam memilih produk shampoo maupun conditioner. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, sebab jika salah dalam menggunakan produk perawatan rambut, maka hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Demikian pula sebaliknya, jika anda sudah tepat dalam menggunakan shampoo serta conditioner yang sesuai dengan jenis rambut anda, maka hal itu dapat membantu memperbaiki kerusakan pada rambut, seperti rontok, bercabang dan patah.
  2. Ketika keramas, sebaiknya anda menggunakan air dingin saja, sebab air dingin terbukti dapat memperlancar peredaran darah. Sehingga hal itu akan berdampak pada makin kuatnya akar rambut anda.
  3. Selain itu, anda juga dapat menggunakan masker dari buah serta tanaman segar maupun bahan – bahan alami lainnya yang bermanfaat untuk rambut anda. Adapun masker alami yang bisa anda gunakan diantaranya adalah alpukat, santan kelapa, telur dan juga daun lidah buaya. Khusus untuk daun lidah buaya, masyarakat luas sudah banyak yang menggunakan, karena manfaatnya dapat membuat rambut anda menjadi hitam alami, serta menjadi lebih sehat sehingga terbebas dari gangguan ketombe.
  4. Sampai saat ini, masih banyak kaum wanita yang belum mengetahui cara menyisir yang benar, agar mengurangi kerusakan dan kerontokan pada rambut. Meskipun ini mungkin hal yang sepele, tapi ada baiknya hal ini juga menjadi perhatian serius agar rambut anda tidak mudah rontok. Sisirlah rambut anda mulai dari ujung rambut terlebih dulu baru kemudian ke bagian atas (kepala). Menyisir dari bagian atas dulu, dapat menyebabkan rambut anda rontok akibat kusut. Selain itu juga, hindarilah menyisir rambut dalam keadaan masih basah. Karena menyisir rambut dalam keadaaan basah juga dapat mengakibatkan kerontokan pada rambut.
  5. Sementara untuk membantu perawatan rambut dari dalam, anda dapat melakukannya dengan cara sering mengkonsumsi vitamin D sebagai sumber kalsium. Umumnya orang hanya tahu manfaat dari vitamin D hanya untuk tulang saja, namun saat tubuh kekurangan kalsium, hal tersebut berdampak pula pada kekuatan akar rambut, sehingga rambut akan mudah rontok.
  6. Selain vitamin D, mengkonsumsi oatmeal ternyata juga baik bagi rambut anda. Kandungan biotin yang terdapat dalam oat, sangat bermanfaat dalam menjaga kekuatan serta kelembaban rambut anda.
  7. Dan yang terakhir, hindarilah sebisa mungkin mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya menggunakan handuk. Sebab dalam kondisi basah, rambut anda menjadi sangat rapuh. Untuk itu, keringkanlah rambut anda dengan cara membungkusnya dengan handuk, tanpa perlu di gosok hingga kering.

1 thought on “Tips Mudah Jaga Kesehatan Rambut Tanpa Harus Perawatan Di Salon”

Leave a Comment