Tips Pilih Kacamata Yang Sesuai Dengan Bentuk Wajah

Syahrul Ibrahim

Nusantarasatu.id – Ingin kacamata yang Anda pakai cocok dengan bentuk wajah Anda? Sebelum memilih kacamata model terbaru, sebaiknya kenali terlebih dahulu bentuk wajah Anda. Setelah mengenali bentuk wajah, selanjutnya pilihlah kacamata yang pas, yaitu jenis kacamata dan ukuran kacamata. Sebab, bingkai kacamata yang Anda pilih secara tepat bisa menutupi kekurangan wajah Anda, sehingga membuat wajah menjadi terlihat ideal dan menjadi kacamata gaya pribadi Anda. Dan untuk menentukan kacamata yang pas dengan wajah Anda, simaklah uraian dibawah ini :

1. Wajah Triangle/Segitiga

Anda merasa memiliki bentuk wajah segitiga, pilihlah bingkai kacamata dengan bagian atas yang lebih lebar dibandingkan bagian bawahnya, jenis bingkai nylor atau half frame bisa dijadikan pilihan yang pas. Hal ini dapat meminimalkan lebar dagu dan menyeimbangkan sisi atas dengan bagian bawah wajah Anda. Sedangkan hal yang perlu dihindari adalah pemilihan bingkai dengan gagang yang lebar.

2. Wajah Oval

Bentuk bingkai kacamata apapun cocok bagi Anda yang berwajah oval dan dapat mengikuti trend fashion kacamata. Namun meski begitu, ada yang perlu dihindari yakni bingkai bentuk ekstrim dan lebarnya melebihi bagian terluas wajah.

3. Wajah Oblong/Panjang

Untuk Anda yang berwajah oblong atau panjang, pilihlah bingkai kacamata berbentuk kotak dengan gagang kacamata yang lebih rendah. Hal ini akan membuat wajah tampak lebih lebar dan pendek. Hal yang perlu dihindari adalah pemilihan bingkai kacamata yang lebih lebar dari wajah Anda.

4. Wajah hati/Heart

Bagi Anda yang merasa mempunyai bentuk wajah seperti hati, pilihlah bingkai kacamata yang meminimalkan bentuk bingkai bagian depan. Maka bingkai kacamata frameless/frame tanpa bingkai dapat Anda pilih. Hal ini membuat dahi dan rahang seimbang dan meminimalkan lebar dahi serta menarik mata ke bagian bawah wajah Anda. Dan Hal yang perlu dihindari yakni memilih bingkai dengan posisi gagang kacamata yang tinggi.

5. Wajah Bulat

Sedangkan bagi Anda yang merasa berwajah bulat, pilihlah bingkai kacamata berbentuk persegi atau kotak dengan posisi gagang kacamata tinggi. Bentuk kotak atau persegi ini akan membuat wajah terlihat lebih panjang. Hal yang perlu dihindarai yaitu memakai kacamata yang berbingkai bundar dan gagang kacamata tebal dan berwarna gelap.

6. Wajah Kotak

Sementara untuk Anda yang memiliki bentuk wajah kotak, pilihlah bingkai kacamata bentuk oval atau bundar. Sebab, kacamata bulat ini untuk menyamarkan garis wajah atau memberi garis lengkung wajah dan membuat wajah terkesan lebih panjang. Hal yang perlu dihindari adalah memilih bingkai kotak.

7. Wajah Wajik/Diamond

Dan yang terakhir, untuk Anda yang berwajah wajik, pilihlah bingkai kacamata dengan bagian atas lebih lebar dibandingkan bagian bawahnya. Maka bingkai kacamata half frame/Nylor dapat Anda pilih. Hal ini untuk mengurangi bentuk wajah yang bersudut. Hal yang perlu dihindari adalah pemilihan bingkai bersudut.

Leave a Comment