Tips Rawat Softlens Agar Selalu Bersih Dan Layak Di Gunakan

Syahrul Ibrahim

Nusantarasatu.id – Pemakaian contact lens saat ini, bukan lagi hanya di gunakan oleh orang – orang yang memiliki pemasalahan dalam penglihatan saja, namun yang memiliki mata sehatpun, khususnya para wanita, kerap menggunakan contact lens dalam berbagai kegiatan. Menurut berbagai sumber, penggunaan contact lens (soft lens) saat ini sudah menjadi trend fashion bagi wanita guna menambah pesona kecantikannya.

Namun tahukan anda, bahwa menjaga kebersihan soft lens sangatlah penting agar penggunaannya tetap aman serta tidak menimbulkan gangguan terhadap kornea mata yang bisa berakibat fatal. Berikut ini ada beberapa tips menjaga kebersihan soft lens yang pastinya sangat bermanfaat bagi anda para pengguna lensa kontak.

1. Jari Tangan Harus Bersih

Sebelum memasang atapun melespaskan kontak lensa, pastikan tangan dan jari anda dalam keadaaan steril ataupun bersih. Sebaiknya cucilah tangan anda dengan sabun untuk memastikan tidak ada kuman atau bakteri menempel di ujung jari anda.

2. Rutin Mengganti Cairan Soft Lens

Hal yang harus diperhatikan juga oleh para pemakai soft lens, yaitu rutin melakukan pernggantian cairan kontak lensa setidaknya tiga hari sekali. Disamping itu, saat mengganti cairan soft lens, jangan lupa juga untuk mencuci kontak lensanya selama satu menit agar tidak ada penumpukan lemak atau kotoran di permukaan soft lens anda.

3. Jaga Agar Jangan Sampai Soft Lens Kering Di Mata

Ketika anda menggunakan kontak lensa, selalu harus di jaga agar jangan sampai kering di mata. Karena bila soft lens anda kering, hal itu dapat mengakibatkan lensa terjatuh, sobek atau menyebabkan iritasi pada mata. Sebaiknya, setiap dua jam sekali anda teteskan cairan khusus untuk soft lens ke mata anda.

4. Kenakan Kacamata Saat Mengendarai Sepeda Motor

Sedangkan bagi nada yang mengenakan soft lens saat mengendarai sepeda motor, sebaiknya anda juga kenakan kacamata sebagai pelindung dari debu yang bisa saja masuk ke mata. Dan sesampainya anda di tempat tujuan, jangan lupa untuk meneteskan cairan khusus kontak lensa ke mata anda.

Leave a Comment