Anies Ajak Jakmania Suarakan Naik Transportasi Umum ke JIS

Mulyadi

Nusantarasatu.id – Para suporter klub sepakbola Persija, Jakmania, diajak oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, untuk turut menyuarakan penggunaan sarana transportasi umum menuju Jakarta International Stadium (JIS). Dalam tasyakuran atau peringatan HUT ke-24 Jakmania, Gubernur Anies Rasyid Baswedan menyatakan, bila stadion bertaraf internasional itu tidak dirancang untuk menyediakan lapangan parkir. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong masyarakat menggunakan kendaraan umum.

” Saya ajak The Jak untuk sama-sama mengkampanyekan penggunaan kendaraan umum, mulai ke stadion menggunakan kendaraan umum. Itu yang terjadi di kota besar dan maju di dunia. Nonton sepak bola menggunakan kendaraan umum, jadi tidak ada macet. ” tutur Anies di Masjid Sunda Kelapa Jakarta Pusat.

TransJakarta Buka Rute Baru Menuju JIS

Lebih jauh iapun menambahkan, bila BUMD DKI sektor transportasi, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) telah membuka rute baru dari halte Harmoni menuju JIS. Bukan itu saja lanjutnya, Pemprov DKI Jakarta juga akan membangun stasiun KRL dekat JIS. Pada kesempatan sebelumnya, Anies menuturkan, bahwa kapasitas penonton di JIS mencapai 82.000 orang, namun lahan parkir kendaraan yang disediakan hanya sedikit. Hal ini agar pentonton pertandingan sepak bola menggunakan kendaraan umum dan meminimalisasi kendaraan pribadi.

” Stadion ini kapasitasnya 82.000, tapi tempat parkirnya sedikit sekali. Penonton yang datang ke sana harus naik kendaraan umum. ” ujar orang nomor satu di jajaran Pemprov DKI Jakarta tersebut dalam diskusi virtual di media sosial @jcccommunity.

Pada saat ini, TransJakarta sudah membuka rute baru Harmoni-JIS. Rute baru tersebut menyediakan dua armada medium yang melayani pelanggan, dan beroperasi pada Senin sampai Jumat, mulai jam 06.00 sampai 10.00 WIB dan sore pukul 15.00 hingga 21.00 WIB dengan tarif Rp3.500 sekali jalan dan waktu perjalanan 20 menit. Adapun lintasan rute TransJakarta JIS-Harmoni meliputi Halte Harmoni – Jalan Juanda – Jalan POS – Jalan Dr. Sutomo – Jalan Gunung Sahari – Jalan Underpass Angkasa – Jalan HBR Motik – Jalan Danau Sunter Barat – JIS.

Tinggalkan komentar