419 Jemaah Berangkat Umrah Usai 2 Tahun Distop Akibat Pandemi

Syahrizal Rahim

Nusantarasatu.id – Sebanyak 419 orang jemaah Indonesia, pada hari Sabtu (8/1/2021) ini berangkat menuju Arab Saudi. Untuk melakukan ibadah umrah. Keberangkatan ratusan Jemaah tersebut dilepas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief. Disampaikan oleh Hilman kepada pata jemaah dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), bahwa Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas berpesan, agar para Jemaah mematuhi aturan di tanah air dan di Arab Saudi.

” Jaga kepercayaan Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Tunjukkan bahwa jemaah umrah Indonesia patuh pada aturan, khususnya patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Ingatlah, pandemi Covid-19 belum berakhir. ” tutur Hilman membacakan sambutan Menag RI sekaligus melepas jemaah di asrama haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (8/1/2022).

Lebih lanjut iapun menambahkan, Kemenag tengah memfinalisasi regulasi tentang penyelenggaraan umrah di masa pandemic. Termasuk hal yang terkait integrasi sistem dengan pemerintah Arab Saudi. ” Proses verifikasi sertifikasi vaksin, tes kesehatan, karantina dan screening kesehatan dilaksanakan secara mudah, cepat, valid, akurat. Serta menjamin kepatuhan persyaratan yang telah ditentukan oleh kedua negara, Indonesia dan Arab Saudi. ” ucapnya.

Menteri Agama Ucapkan Terima Kasih Pada Dubes Arab Saudi

Bukan itu saja, Hilman pun turut menyampaikan ucapan terima kasih dari Menteri Agama kepada Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia atas dukungannya pada penyelenggaraan ibadah umrah kali ini. ” Kami menitipkan jemaah Indonesia untuk mendapatkan pelayanan terbaik sebagai tamu Allah, saudara sesama muslim dan pengunjung dua tanah suci. Semoga Allah meridai kita untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah, serta bangsa dan negara. “ kata Hilman.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Wakil Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Sulaiman, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi dan Haji Terpadu Jaja Jaelani, serta Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Nur Arifin. Keberangkatan Jemaah Ini merupakan gelombang pertama setelah hampir 2 tahun disetop Arab Saudi. Pandemi Covid-19 yang melanda, membuat pemerintah Arah Saudi menyetop kedatangan jemaah umrah sejak bulan Februari 2020 lalu.

Leave a Comment