Sebaiknya Jangan Lakukan Hal Ini Usai Berolahraga Fitness

Reza Arya

Nusantarasatu.id – Olahraga fitness pastinya sangat bermanfaat dalam menjaga kebugaran tubuh serta baik bagi kesehatan. Tapi tahukah Anda, kalau ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan usai berolahraga fitness?. 7 hal ini ternyata bisa membuat jerih payah Anda berolahraga akan menjadi sia-sia.

Mempunyai berat badan yang proporsional tentu itu jadi dambaan setiap orang. Bahkan bagi sebagian kalangan hanya bisa didapatkan dengan usaha yang keras seperti lewat diet dan fitness yang rutin. Ketika berolahraga fitness sudah pasti Anda akan merasa lelah. Rasa lelah, haus, dan lapar yang luar biasa usai berolahraga memang sudah lumrah, mengingat banyak energy yang terkuras. Tetapi, bukan lantas Anda boleh makan dan minum seenaknya dengan dalih untuk mengembalikan energi. Ada hal-hal yang harus diperhatikan usai melakukan fitness agar hasilnya maksimal.

Berkut sejumlah hal yang sebaiknya tidak dilakukan ketika usai berolahraga fitness, agar dapat mengurangi berat badan dan tubuh terasa kencang.

• Makan Makanan Berat

Sehabis melakukan latihan secara intensif, tentu sangat penting memberikan kesempatan bagi tubuh Anda untuk mendinginkan diri sebelum makan. Olahraga yang sangat melelahkan pasti akan membuat tubuh Anda stres, dan sebagai konsekuensinya, otak akan berpikir bahwa Anda merasa lapar lebih dari yang sebenarnya. Hal tersebut tentu saja akan membuat Anda makan secara berlebihan. Jadi, sebaiknya beristirahatlah terlebih dahulu sebelum makan.

• Konsumsi Minuman Berenergi Tinggi Kadar Gula

Pastinya tidak sedikit yang gemar mengkonsumsi minuman berenergi usai berolahraga, karena akan memberikan rasa segar. Padahal minuman tersebut memiliki kandungan gula dan sirup jagung berfruktosa yang tinggi. Meskipun dalam jangka waktu pendek, gula dapat langsung membuatmu merasa bernergi kembali. Tapi tahukah Anda, bahwa meminum minuman dengan kandungan gula yang tinggi secara berlebihan akan menghambat proses metabolisme di dalam tubuh. Minuman tersebut tidak bisa mengganti cairan tubuh yang hilang selama latihan. Air putih tetaplah yang terbaik setelah latihan.

• Tidur

Meski setelah berlatih fitness Anda merasa lelah sekali, usahakan jangan sampai langsung tidur. Karena dengan begitu, Anda tidak memberi waktu bagi tubuh untuk mendinginkan dirinya dan rileks. Otot-otot tubuh Anda masih lemah dan lelah, sehingga penting untuk menunggu sekitar satu setengah jam sebelum tidur.

• Melewatkan Stretching

Melakukan Stretching adalah sesuatu yang penting dalam fitness, namun hal itu kadang kerapkali diabaikan. Stretching usai berolahraga akan memecah lactic acid yang dihasilkan oleh tubuh selama latihan, yaitu dengan melepaskannya melalui otot. Membiasakan diri melakukan stretching setelah berolahraga dapat mencegah cidera dan sakit, serta meningkatkan fleksibilitas secara drastis.

• Menyentuh Wajah Dengan Handuk Penuh Keringat

Handuk yang sudah Anda gunakan untuk mengusap leher, pundak, dan perut saat berlatih fitness, pastinya sudah dipenuhi kuman, begitu juga dengan tangan. Alat-alat olah raga yang dipakai, dan sudah digunakan oleh orang lain sebelumnya juga tak jauh beda. Jadi, sebaiknya cuci tanganlah terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah. Sebab, kotoran dari tangan atau handuk bisa menyumbat pori-pori kulit Anda. Selain itu, jangan lupa untuk membasuh wajah Anda dengan air dingin.

• Tidak Ganti Baju

Setelah berlatih, Anda tentu boleh beristirahat dan mendinginkan tubuh. Namun, jangan sampai tidak mengganti bajumu setelah itu. Baju yang sudah dipakai untuk berolahraga pasti dipenuhi dengan keringat dan kuman. Jadi, gantilah dengan baju yang bersih agar memungkinkan kulit untuk bernapas secara baik.

• Lupa Minum Air Putih

Selalu menjaga kecukupan cairan tubuh adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, sebab kalau tidak, Anda akan mengalami dehidrasi. Jika latihan yang Anda lakukan sangat menguras energi, dapatkan asupan eletrolit alami yang bisa diperoleh dari air kelapa atau air semangka. Ternyata aktivitas yang di lakukan setelah fitness pun tak kalah pentingnya dengan fitness itu sendiri.

1 thought on “Sebaiknya Jangan Lakukan Hal Ini Usai Berolahraga Fitness”

Leave a Comment